Mak Iyah Semringah, Gubuk Reyotnya Segera Diperbaiki

Kompas.com - 07/11/2019, 08:13 WIB
Istimewa

CIANJUR, KOMPAS.comMak Iyah (100) tak sanggup menutupi kebahagiannya setelah mendengar gubuk reyotnya akan segera diperbaiki.

Matanya berkaca-kaca dan senyuman di bibirnya memerlihatkan barisan gigi yang masih lengkap diantara kulit wajahnya yang sudah mengeriput.

“Alhamdulilah, hatur nuhun,” ucap mak Iyah terbata-bata saat menerima rombongan Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto, di rumahnya di Kampung Pasir Baing RT 005 RW 003 Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019) petang.


Baca juga: Berusia 100 Tahun dan Belum Pikun, Ini Rahasia Tetap Sehat Mak Iyah dari Cianjur

Rencana rehab rumah janda berusia seabad yang diinisiasi Polres Cianjur dengan melibatkan stakeholder, swasta, perangkat desa setempat dan masyarakat itu akan mulai dikerjakan besok.

"Insya Allah Jumat (08/11/2019) akan mulai dilakukan perbaikan rumah mak Iyah," kata Paur Humas Polres Cianjur, Ipda Budi Setiayuda.

Pembangunannya sendiri akan dilaksanakan secara gotong royong, melibatkan personel TNI/Polri, perangkat desa setempat, dan masyarakat sekitar.

"Kami kerja bakti semuanya untuk membongkar dulu rumah mak Iyah. Nanti untuk proses perbaikannya akan ada tukang khusus yang dibayar secara harian, dibantu warga juga. Intinya semua pihak terlibat termasuk dari stakeholder dan donatur,” tutur dia.

Budi menyebutkan, atas instruksi pimpinan langsung terjun ke lokasi untuk meninjau kondisi mak Iyah yang dikabarkan hidup sebatang kara dan hidup memprihatinkan tersebut.

"Kondisi rumahnya memang sangat tidak layak huni sehingga mendesak untuk segera diperbaiki," ucap dia.

Kendati punya kerabat, Budi menyebutkan mak Iyah memilih tinggal seorang diri di rumahnya yang hampir roboh tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X