Bangun "Command Center" Baru, Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp 5,2 Miliar

Kompas.com - 08/10/2019, 14:47 WIB
Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, Iwa Karniwa mengecek kesiapan PPDB seluruh SMA/SMK/SLB di Jawa Barat melalui konferensi video di Command Center Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Kota Bandung, Kamis (13/6/2019). Dok. Disdik JabarKetua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, Iwa Karniwa mengecek kesiapan PPDB seluruh SMA/SMK/SLB di Jawa Barat melalui konferensi video di Command Center Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Kota Bandung, Kamis (13/6/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyiapkan dana sekitar Rp 5,2 miliar untuk membangun command center baru.

Proyek itu diharapkan bisa rampung akhir tahun ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat Setiaji mengatakan, proyek ini sudah dikerjakan sejak tiga pekan lalu. 

Sebelumnya, Pemprov Jabar memang sudah memiliki command center di lantai dasar Gedung Sate.

Namun, command center lama akan dipakai untuk pemantauan proyek Citarum Harum.

Secara umum, kata Setiaji, fungsi utama command center baru yaitu sebagai tempat memonitor berbagai indikator seperti cuaca, arus lalu lintas, dan informasi kebencanaan.

"Jadi command center ini kita bangun baru. Untuk lokasi tetap di Gedung Sate hanya beda blok dengan yang sudah ada. Nilainya Rp 5,2 miliar beserta peralatan-peralatan yang nantinya ada di dalam command center," kata Setiaji saat dihubungi, Selasa (8/10/2019).

Baca juga: Lelang Proyek Macet, Serapan APBD Jabar Masih Rendah

Command center yang baru akan memiliki ruangan yang lebih luas serta dilengkapi fasilitas yang lebih canggih dan futuristik.

Selain ruang kerja unit pusat layanan digital servis, command center baru juga akan menyediakan berbagai ruangan lain seperti ruangan pemutaran video tentang Jabar.

"Kalau command center yang kemarin kan cuma sedikit (kecil) ruangannya. Kalau ini seperti di Kota Bandung, selain bentuknya yang lebih futuristik terus ada juga galeri-galeri," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X