Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Pengungsi Wamena Transit di Lanud Iswahyudi Madiun, 8 Diantaranya Warga Jatim

Kompas.com - 03/10/2019, 17:25 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com  -  Puluhan pengungsi kerusuhan Wamena Papua diangkut dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dengan  tujuan Halim Perdanakusuma Jakarta melakukan  transit di Lanud TNI AU Iswahyudi Maospati Magetan, Jawa Timur, Kamis (3/10/2019). 

Kepala Dinas Logistik Lanud Iswahyudi  Letkol Tek Jarot Sudarwanto mengatakan, dari  80 pengungsi kerusuhan di Wamena Papua 8 diantaranya memilih turun di Lanud Iswahyudi karena berasal dari  Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri dan dari Kabupaten  Sampang Madura.

”Sore hari ini dari 50 penumpang dari Lanud Pattimura yang menuju Halim,  8 orang turun di Lanud Iswahyudi dengan tujuan Nganjuk, Kediri dan Sampang,” ujarnya, Kamis (03/10/2019).

Di Lanud Iswahyudi, sebanyak 42 penumpang  dengan tujuan Halim Perdana Kusuma diistirahatkan sejenak untuk makan siang. 

Baca juga: 120 Warga Jatim Pengungsi Wamena Tiba di Malang

 

Pihak Lanud Iswahyudi selain menyediakan makan siang juga menyediakan ambulans dan tenaga medis untuk merawat pengungsi yang mengalami sakit.

Sementara untuk pemulangan 8 pengungsi yang akan pulang ke Nganjuk, Kediri dan Sampang Madura, TNI AU menyerahkan kepada Bupati Madiun.

“Sudah difasilitasi Bupati Madiun untuk selanjutnya kebali ke tempat masing masing,” imbuhnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro yang menjemput para pengungsi  di Lanud Iswahyudi mengatakan akan membantu para pengungsi  pulang ke daerah masing masing.

Sebelum dipulangkan para pengungsi akan ditampung oleh pemerintah Madiun sementara waktu.

“Kita tetap bantu mereka meskipun mereka warga diluar Madiun. Nanti kita bawa ke pemkab, sudah kita siapkan disana nanti kita fasilitasi pulang ke daerah asal mereka masing masing,” katanya.

Baca juga: Selain Pesawat Hercules, Pemerintah Kirim Kapal Pelni Angkut Pengungsi Wamena

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com