Puluhan Pengungsi Wamena Transit di Lanud Iswahyudi Madiun, 8 Diantaranya Warga Jatim

Kompas.com - 03/10/2019, 17:25 WIB
Pengungsi  kerusuhan Wamena yang diangkut pesawat Hercules TNI AU saat turun di Lanud Iswahyudi. KOMPAS.COM/SUKOCOPengungsi kerusuhan Wamena yang diangkut pesawat Hercules TNI AU saat turun di Lanud Iswahyudi.

MAGETAN , KOMPAS.com  -  Puluhan pengungsi kerusuhan Wamena Papua diangkut dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dengan  tujuan Halim Perdanakusuma Jakarta melakukan  transit di Lanud TNI AU Iswahyudi Maospati Magetan, Jawa Timur, Kamis (3/10/2019). 

Kepala Dinas Logistik Lanud Iswahyudi  Letkol Tek Jarot Sudarwanto mengatakan, dari  80 pengungsi kerusuhan di Wamena Papua 8 diantaranya memilih turun di Lanud Iswahyudi karena berasal dari  Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri dan dari Kabupaten  Sampang Madura.

”Sore hari ini dari 50 penumpang dari Lanud Pattimura yang menuju Halim,  8 orang turun di Lanud Iswahyudi dengan tujuan Nganjuk, Kediri dan Sampang,” ujarnya, Kamis (03/10/2019).

Di Lanud Iswahyudi, sebanyak 42 penumpang  dengan tujuan Halim Perdana Kusuma diistirahatkan sejenak untuk makan siang. 

Baca juga: 120 Warga Jatim Pengungsi Wamena Tiba di Malang

 

Pihak Lanud Iswahyudi selain menyediakan makan siang juga menyediakan ambulans dan tenaga medis untuk merawat pengungsi yang mengalami sakit.

Sementara untuk pemulangan 8 pengungsi yang akan pulang ke Nganjuk, Kediri dan Sampang Madura, TNI AU menyerahkan kepada Bupati Madiun.

“Sudah difasilitasi Bupati Madiun untuk selanjutnya kebali ke tempat masing masing,” imbuhnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro yang menjemput para pengungsi  di Lanud Iswahyudi mengatakan akan membantu para pengungsi  pulang ke daerah masing masing.

Sebelum dipulangkan para pengungsi akan ditampung oleh pemerintah Madiun sementara waktu.

“Kita tetap bantu mereka meskipun mereka warga diluar Madiun. Nanti kita bawa ke pemkab, sudah kita siapkan disana nanti kita fasilitasi pulang ke daerah asal mereka masing masing,” katanya.

Baca juga: Selain Pesawat Hercules, Pemerintah Kirim Kapal Pelni Angkut Pengungsi Wamena

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X