Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

120 Warga Jatim Pengungsi Wamena Tiba di Malang

Kompas.com - 02/10/2019, 20:46 WIB
Andi Hartik,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Sebanyak 120 warga Jawa Timur dipulangkan dari Wamena, Papua, Rabu (2/10/2019). Mereka diangkut menggunakan pesawat hercules C-130 dan tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang sekitar pukul 15.00 WIB.

Kedatangan mereka dari Wamena langsung disambut oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Selanjutkan, mereka akan diantar ke rumah asalnya masing-masing dan diserah terimakan ke Dinas Sosial setempat.

Khofifah mengatakan, dari 120 warga yang dipulangkan terdiri dari 115 orang dewasa dan lima orang anak-anak. Tidak hari ini saja, tiga hari sebelumnya secara berturut-turut juga ada warga Jawa Timur yang dipulangkan dari Wamena.

Baca juga: Cerita Widodo tentang Anaknya yang Ditolong Warga Papua dalam Kerusuhan di Wamena

“Jadi sebetulnya sudah tiga hari yang lalu tiap hari ada yang datang. Ada yang lewat Semarang, kemarin via Makassar, hari ini sebagian ada yang landing di Surabaya,” katanya.

Khofifah mengatakan, keputusan untuk memulangkan warganya dari Wamena itu supaya terhindar dari kerusuhan yang terjadi.

“Jadi sesuai dengan kapasitas hercules kita ingin memberikan perlindungan evakuasi kepada terutama warga Jatim, di dalam rombongan ini tidak semua warga Jatim tetapi bahwa mereka siapapun harus mendapatkan perlindungan keamanan dan mereka harus terproteksi,” katanya.

Sebelum diantar ke kampung halaman masing-masing, semua rombongan dibawa Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) yang ada di Kota Malang. Di sana akan dipersiapkan proses pemulangannya.

Baca juga: Pasca-kerusuhan, 8.051 Warga Dievakuasi dari Wamena ke Jayapura

“Kita akan mengantarkan mereka sampai di titik di mana mereka akan berkumpul bersama keluarga mereka. Kemudian menyampaikan informasi ini kepada seluruh dinas sosial sehingga ada berita acara kepada dinas sosial masing-masing kota dan kabupaten,” katanya.

Sementara itu, kepulangan warga Jawa Timur dari Wamena akibat kerusuhan yang terjadi di daerah itu. Seluruh bangunan miliknya habis dibakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com