3 Warga Tewas di Timor Tengah Selatan akibat Keracunan Ikan Buntal

Kompas.com - 27/09/2019, 17:29 WIB
Pufferfish atau ikan buntal di Tasitolu, Dili, Timor Leste. ARYA DARU PANGAYUNANPufferfish atau ikan buntal di Tasitolu, Dili, Timor Leste.

KUPANG, KOMPAS.com - Tiga orang asal Desa Oni, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), tewas usai menyantap ikan.

Tiga orang itu yakni, Nance Kase (43), Erni Kase (17) dan Roland Banamtuan berusia satu tahun.

"Dari hasil olah TKP dan dikuatkan dengan keterangan dari dokter Puskemas Kolbano, tiga orang ini diduga kuat meninggal karena keracunan ikan buntal," ungkap Kasat Reskrim Polres TTS Iptu Jamari kepada Kompas.com, Jumat (27/9/2019).

Baca juga: Dua Warga di Probolinggo Meninggal usai Makan Ikan Buntal

Selain tiga orang meninggal, lanjut Jamari, seekor kucing peliharaan juga ditemukan mati.

Sedangkan, tiga orang lainnya yang juga ikut menyantap ikan yakni Jingsi Banamtuan (13), Marti Banamtuan (12) dan Marto Boimau (14), saat ini masih menjalani perawatan medis di Puskesmas setempat.

Dihubungi terpisah, Bupati TTS Epy Tahun, mengatakan, tindakan dari pemerintah daerah yakni telah menurunkan tim dari Dinas Kesehatan, BPBD, camat, puskesmas untuk selidiki sebab kematian mereka.

Pihaknya juga akan merawat tiga orang warga lainnya yang sedang menjalani perawatan setelah mengalami mual dan muntah usai makan ikan tersebut.

"Dari pemda akan memfasilitasi untuk pemakaman tiga jenazah," ujar dia.

Baca juga: Usai Santap Telur Ikan Buntal, Pria Asal Tuban Ini Meninggal Dunia

Sebelumnya diberitakan, tiga orang asal Desa Oni, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT), tewas usai menyantap ikan.

Kejadian itu bermula ketika tiga orang ini menyantap ikan bersama kerabat lainnya.

Sekitar satu jam setelahnya ketiganya mual dan muntah-muntah.

Mereka kemudian dilarikan ke puskesmas, namun sekitar pukul 12.45 Wita, nyawa tiga orang tersebut tidak bisa diselamatkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X