Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga di Probolinggo Meninggal usai Makan Ikan Buntal

Kompas.com - 08/02/2019, 20:22 WIB
Ahmad Faisol,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Empat warga Desa Brumbungan Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, keracunan setelah mengonsumsi ikan buntal. Dua orang meninggal dunia, dan sisanya dirawat di rumah sakit.

Dua orang yang meninggal tersebut adalah pasangan suami istri, Baidowi dan Suhaina. Sedangkan Mahfud dan M Habibulloh sampai sekarang masih dirawat di RSUD Waluyo Jati Kraksaan

Kapolsek Maron AKP Sugeng Supriyantoro menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (6/2/2019) sore.

"Mahfud memancing dan mendapatkan ikan buntal. Ikan tersebut kemudian dimasak dan dimakan bersama-sama sebagai menu buka puasa. Pada hari itu mereka sedang puasa sunnah," kata Sugeng, Jumat (8/2/2019).

Baca juga: Warga Ditemukan Tewas di Sawah, Diduga Keracunan Obat Pembasmi Hama

Beberapa jam kemudian mereka mual, sesak nafas, dan merasakan sakit di sekujur tubuh. Warga sekitar kemudian membawa mereka ke Puskesmas Maron.

"Baidowi dan Suhaina meninggal dunia pada malam harinya. Mahfud dan Habibulloh selamat tapi masih dirawat di rumah sakit, mereka anak dari Baidlowi dan Sulaiman," kata Sugeng, Jumat (8/2/2019).

Baca juga: 10 Warga Bima Keracunan Usai Menyantap Jamur

Kepada wartawan Mahfud mengaku kerap mengonsumsi ikan buntal tersebut. Dia mengaku tidak tahu bahwa ikan buntal yang dikonsumsi bersama keluarganya saat itu ternyata mengandung racun.

"Ya, baru sekarang kami keracunan. Dulu ndak pernah keracunan meski makan ikan yang sama," katanya saat ditemui di RSUD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com