Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keracunan Makanan Selamatan 100 Hari Meninggalnya Warga yang Jadi Duka Satu Desa

Kompas.com - 13/09/2019, 08:43 WIB
Budiyanto ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menyebutkan jumlah korban dugaan keracunan makanan massal di Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Sukabumi, Jawa Barat hingga Kamis (12/9/2019) malam tercatat berjumlah 170 orang.

Dari sebanyak itu, 120 orang di antaranya  masih menjalani perawatan tim medis di dua rumah sakit.

Rinciannya sebanyak 65 orang di RSUD Palabuhanratu, di antaranya 26 orang berasal dari rujukan Puskesmas Bantargadung dan 39 orang datang sendiri ke RSUD Palabuhanratu.

Sedangkan sebanyak 55 orang di RSUD Sekarwangi, Cibadak berasal dari rujukan Puskesmas Bantargadung.

"Ada dua orang yang meninggal dunia, dari hasil pemeriksaan karena adanya penyakit penyerta. Khususnya pasien yang anak usia 9 tahun karena gangguan pernapasan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Harun Al Rasyid kepada wartawan di Puskesmas Bantargadung, Kamis malam.

Baca juga: Keracunan Makanan Massal di Sukabumi Ditetapkan KLB, Biaya Ditanggung Pemda

Dia mengatakan pihaknya terus berupaya maksimal dalam penanganan perkara dugaan keracunan makanan tersebut.

Berbagai langkah sudah dilaksanakan, seperti penangaman seluruh pasien oleh tim medis mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit.

"Kami berharap tidak ada tambahan lagi, tapi kami tetap berupaya maksimal dan membuka posko 3 x 24 jam di Puskesmas Bantargadung sampai permasalahan ini ditangani dengan baik," kata dia.

Makanan beracun

Diberitakan sebelumnya keracunan makanan massal dialami warga Kampung Pangkalan, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung,Sukabumi, Jawa Barat.

Awalnya, puluhan warga mengeluhkan gejala mual, muntah, pusing hingga buang air besar setelah mengonsumsi makanan selamatan seratus hari meninggalnya salah satu warga.

Pasien mulai berdatangan ke Puskesmas Bantargadung yang berlokasi di Jalan Raya Cibadak-Palabuhanratu, Bantargadung sejak Selasa (10/9/2019) pukul 23:30 Wib.

Baca juga: Korban Meninggal Keracunan Makanan di Sukabumi Bertambah Jadi 2 Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com