Kisah Peternak Lebah Hasilkan Madu Berkualitas Memanfaatkan Kangkung

Kompas.com - 02/09/2019, 09:19 WIB
Salah seorang peternak lebah di Desa Balongwangi, Kecamatan Tikung, Lamongan, saat membawa sarang lebah yang dihasilkan. KOMPAS.com/HAMZAH ARFAHSalah seorang peternak lebah di Desa Balongwangi, Kecamatan Tikung, Lamongan, saat membawa sarang lebah yang dihasilkan.

LAMONGAN, KOMPAS.com – Ada berbagai macam khasiat yang dihasilkan oleh madu, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, selain tentunya untuk melezatkan makanan.

Berbagai cara pun dilakukan oleh peternak lebah, untuk dapat menghasilkan madu terbaik.

Seperti di Desa Balongwangi, Kecamatan Tikung, Lamongan, para peternak lebah coba memanfaatkan tanaman kangkung yang tengah tumbuh subur di sana saat ini.

Mereka membudidayakan lebah jenis Malfifera, dengan diberi ‘asupan’ dari nektar bunga kangkung yang memiliki aroma khas untuk menghasilkan madu berkualitas.

Baca juga: Terjerat Perangkap, Beruang Madu Dievakuasi ke Hutan Lindung Pasaman

“Jadi, lebah itu mengonsumsi nektar bunga kangkung, yang kemudian lebah itu menghasilkan madu di sarangnya, di tempat yang sudah kami sediakan,” ujar salah seorang peternak lebah, Triyono, belum lama ini.

Tak jauh dari lahan petani membudidayakan tanaman kangkung, Triyono dan rekan-rekannya sesama peternak lebah memasang 60 kotak di bawah pohon jati, yang memang diperuntukkan bagi sarang lebah.

Dalam jangka waktu 10 sampai 15 hari, lanjut Triyono, lebah-lebah yang sudah mengonsumsi nektar bunga kangkung tersebut, kemudian menghasilkan madu murni pada sarang yang telah mereka sediakan.

“Dari kotak-kotak yang kami sediakan, biasanya dapat menghasilkan dua sampai empat kuintal sarang lebah. Jika (sarang madu) diperas, bisa menghasilkan hingga ratusan liter madu murni,” ucap dia.

Triyono dan para peternak lebah di Desa Balongwangi, berbeda-beda dalam menjual madu yang dihasilkan.

Ada yang langsung dijual berupa sarang madu, ada juga yang sudah diperas dan dikemas dalam wadah botol.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X