Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Pukul Bedug hingga Pawai Lampion, Tandai Peringatan Tahun Baru Islam di Lamongan

Kompas.com - 31/08/2019, 22:10 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com — Menandai peringatan Tahun Baru Islam (1 Muharam 1441 Hijriyah) yang jatuh pada Minggu (1 September 2019) besok, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menggelar festival bertajuk Lamongan Muharam Festival dengan agenda awal sudah dilakukan mulai hari ini, Sabtu (31/8/2019).

Agenda Lamongan Muharam Festival, lebih dulu ditandai dengan pemukulan bedug dan kentongan dari jajaran Forkopimda, mulai bupati, wakil bupati, kapolres, dan segenap perwakilan secara simbolis bertempat di simpang tiga alun-alun Lamongan, Sabtu sore.

"Sore ini kita menyongsong Tahun Baru Islam. Mari kita tandai dengan terus memotivasi diri untuk membangun Lamongan," ujar Bupati Lamongan Fadeli dalam sambutan yang diberikan.

Lebih lanjut Fadeli menuturkan, hijrah tahun ini memerlukan kecepatan berpikir dan bertindak. Hal itu karena ekonomi semakin tanpa batas, teknologi semakin maju, serta demografi berubah. Ia lantas menyebut, tantangan yang dihadirkan adalah bagaimana menata sumber daya sebagai aset berharga.

Baca juga: Tahun Baru Islam, Unimal Launching Rumah Qur’an

"Berbagai hasil pembangunan dan prestasi adalah kerja keras kita semua, masyarakat Lamongan. Dan kita semua bersyukur, Lamongan dan negara (Indonesia) ini tetap aman dan kondusif," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan Yuhronur Efendi menambahkan, agenda tabuh bedug dan kentongan tersebut sebagai penanda pergantian tahun sekaligus agenda pembuka rangkaian Lamongan Muharam Festival yang diadakan kali ini.

"Karena selanjutnya juga masih banyak acara lain dalam Lamongan Muharam Festival yang kami selenggarakan kali ini. Mulai dari lomba kaligrafi, desain busana muslim yang sekaligus ditampilkan di depan umum, wisuda para tahfidz Al Quran, pawai lampion, hingga Lamongan bershalawat bersama majelis," ucap Yuhronur.

Baca juga: Tradisi Tahun Baru Islam, Warga Baubau Beli Ember dan Gayung

Warga antusias

Warga sendiri terlihat cukup antusias untuk melihat Lamongan Muharam Festival yang diselenggarakan.

Mereka tampak berbondong menyaksikan jalannya festival, terutama pawai lampion yang memang dilakukan dengan mengelilingi beberapa ruas jalan protokol yang ada di kota Lamongan.

"Penasaran pengen lihat pawai lampion, ya hitung-hitung juga bisa buat alternatif menghabiskan waktu di akhir pekan, sekaligus menyemarakkan gebyar festival Muharam," tutur salah seorang pengunjung, Fransiska Ayu Henianti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com