Manado Masuk 10 Besar Rencana Kota Metropolitan, Ini Tanggapan Wagub Sulut

Kompas.com - 31/08/2019, 23:23 WIB
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw. KOMPAS/JEAN RIZAL LAYUCK Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw.

MANADO, KOMPAS.com — Kota Manado masuk 10 wilayah yang akan dibangun sebagai kota metropolitan. Hal ini mendapat tanggapan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw.

Ia memberi apresiasi terhadap rencana pemerintah pusat tersebut.

"Ini tentu saja akan memberi efek langsung kepada pertumbuhan ekonomi Sulut," katanya melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Sabtu (31/8/2019).

Guna mendukung rencana tersebut, menurut Steven, peran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan sekitarnya harus responsif terkait rencana itu.

"Perannya adalah dengan ikut juga merancang infrastruktur, baik fisik maupun sumber daya manusia (SDM) yang mendukung rencana tersebut," ujar dia.

Baca juga: Ini Syarat agar Banjarmasin Bisa Jadi Kota Metropolitan

Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut telah melakukan berbagai terobosan pembangunan infrastruktur.

Pengembangan Pelabuhan Manado

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), misalnya, akan melakukan pengembangan Pelabuhan Manado.

Pengembangan meliputi pembangunan dermaga 4 ukuran 6 x 10 meter persegi, pengerukan kolam pelabuhan kedalaman -4 LWS, pembangunan terminal penumpang dengan luas 1.600 meter persegi dan lapangan penumpukan seluas 2.150 meter persegi.

Manado Marine Bay

Selain itu, Pelindo IV menyatakan kesiapannya untuk membangun Manado Marine Bay guna mendukung program pariwisata yang terintegrasi di wilayah Sulawesi paling utara tersebut.

Badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan ini juga akan kembali menyiapkan rute Bitung–Davao untuk ekspor langsung ke Filipina dari Sulut.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Manado, Juli 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X