Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati: Jatinangor Harus Rasa Sumedang, Jangan Lagi Rasa Bandung

Kompas.com - 28/08/2019, 18:27 WIB
Aam Aminullah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menghendaki kawasan perkotaan sekaligus kawasan pendidikan di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tidak lagi rasa Bandung, melainkan rasa Sumedang.

Selain itu, saat ini, kawasan pendidikan yang menjadi lokasi sejumlah universitas ternama mulai dari Unpad, ITB, IPDN, hingga Ikopin ini masih semerawut dan perlu segera ditata.

Perubahan ini akan direalisasikan Pemkab Sumedang dengan membangun dan menata kawasan Jatinangor dalam waktu dekat.

"Saya berharap, ketika memasuki  Sumedang, mulai dari gapura perbatasan Jatinangor sudah mulai tampak Sumedangnya. Bukan lagi rasa Bandung," ujarnya kepada Kompas.com di Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Rabu (28/8/2019).

Baca juga: Rencana Reaktivasi Jalur KA Bandung-Sumedang Belum Disosialisasikan, Warga Jatinangor Was-was

Dony mengatakan, selain merupakan gerbang masuk dari arah Bandung, di Kecamatan Jatinangor juga berdiri sejumlah universitas negeri ternama.

Sehingga, kata Dony, jika tidak segera ditata, maka kondisi Jatinangor akan semakin semerawut. Oleh karena itu, Jatinangor perlu segera ditata.

Dony menuturkan, untuk tahap awal, Pemkab Sumedang akan mulai menata infrastruktur jalan di tiga titik lokasi.

"Ada tiga ruas jalan utama yang rusak dan akan diperbaiki tahun ini. Yaitu Lio-Jatiroke, Cikuda-Cisempur, dan Cikuda-Nangerang," kata bupati.

Bupati menyebutkan, pembangunan infrastruktur jalan tersebut belum termasuk penataan kawasan perkotaan Jatinangor.

Mulai dari perbatasan Jatinangor-Cileunyi hingga rencana Induk Pusat Pemerintahan Jatinangor.

"Kami sudah mengusulkan agar lahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Hegarmanah (Jatinangor) dijadikan pusat induk pemerintahan kecamatan. Nantinya akan ada alun-alun, kantor pemerintahan, dan fasilitas umum yang terpusat," tuturnya.

Baca juga: Cerita Tanggal Tua di Kantin Jatinangor, Sembunyikan Lauk hingga Lupa Bayar

Dony menambahkan, untuk mengantisipasi dampak pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, Dawuan), Pemkab Sumedang juga akan membangun destinasi-destinasi wisata di interchange tol.

"Di interchange Jatinangor, tepatnya di kawasan BGG akan ada wisma atau Pendopo Jawa Barat sebagai rest area sekaligus wahana wisata. Akan ada juga outlet-outlet sebagai tempat berkumpulnya komunitas-komunitas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com