Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Khofifah Sebut Pidato Jokowi Bangun Optimisme Bangsa

Kompas.com - 16/07/2019, 08:43 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan tanggapan atas pidato Presiden Jokowi tentang Visi Indonesia yang dibacakan Minggu malam lalu.

Menurut Khofifah, pidato tersebut sangat penting disampaikan oleh kepala negara untuk membangun optimisme dan percaya diri bangsa Indonesia untuk menatap bangsa Indonesia kedepan.

"Optimisme dan percaya diri bagian dari pemicu semangat agar bangsa Indonesia semakin unggul," katanya seusai membuka Zhenghe Internasional Peace Forum (ZIPF) ke-5 di Gedung Jatim Expo Surabaya, Senin (15/7/2019) malam.

Baca juga: Ridwan Kamil Siap Amankan Program Jokowi di Jabar

Presiden Jokowi, menurut Khofifah, menegaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki harapan untuk bekerja lebih giat dan lebih profesional lagi.

"Percaya diri juga ditekankan Pak Jokowi untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul. Tema Indonesia unggul ini yang nanti dijadikan tema HUT RI tahun ini," jelasnya.

Pidato Presiden Jokowi tersebut disampaikan sebagai pidato pertama sejak terpilih menjadi Presiden RI untuk kedua kalinya melalui Pilpres 2019. Pidato itu dibacakan di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Minggu (14/7/2019) malam lalu.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut lima tahapan besar yang akan dilakukannya bersama wakil presiden terpilih, Ma'ruf Amin, untuk membuat Indonesia lebih produktif serta memiliki daya saing dan fleksibilitas tinggi dalam menghadapi perubahan di dunia.

Jokowi mengutarakan apa yang akan dilakukan pada pemerintahan lima tahun ke depan, di antaranya, meneruskan pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya alam, membuka pintu investasi selebar-lebarnya, reformasi birokrasi, dan pengaturan anggaran pada APBN. 

Baca juga: Gubernur Sulsel Akan Pangkas Birokrasi Perizinan yang Persulit Investasi

Jokowi juga menyinggung perubahan dunia yang serba cepat dan harus disikapi secara tepat oleh pemerintah dan bangsa Indonesia.

Sementara di akhir, mantan gubernur DKI Jakarta ini bicara soal keberagaman, demokrasi yang berkeadaban, dan kemajuan bangsa dengan segala elemen pendukungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com