Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Jalur Mandiri Unhas, Masyarakat Diimbau Tak Percaya Calo yang Janjikan Lulus

Kompas.com - 16/07/2019, 06:16 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 melalui jalur mandiri.

Namun, muncul desas-desus bahwa para pendaftar bisa dibantu kelulusannya oleh pihak tertentu. 

Menanggapi hal itu, Direktur Komunikasi Universitas Hasanuddin Suharman Hamzah mengatakan bahwa Unhas secara kelembagaan tidak memiliki afiliasi, kerja sama, atau hubungan kerja apapun dengan lembaga, organisasi, perhimpunan, atau person dalam penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru. 

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai jika ada pihak-pihak (baik perorangan maupun organisasi/lembaga) yang mengklaim dapat membantu kelulusan melalui jalur mandiri," kata Suharman, Senin (15/7/2019).

Baca juga: Unhas Terima 4.111 Mahasiswa di Jalur SBMPTN, Kedokteran Jadi Favorit Pendaftar

Di jalur mandiri sendiri, kata Suharman, ada tiga jalur yang bisa dipilih oleh calon pendaftar. Ketiga jalur tersebut yaitu Jalur Ketua OSIS, Jalur Kelas Internasional, Jalur POSK (Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan) dan JNS (Jalur Non-Subsidi).

Namun, jalur mandiri yang saat ini sedang dibuka ialah Jalur POSK (Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan) dan JNS (Jalur Non-Subsidi).

Baca juga: Dongkrak Mutu Pendidikan Tinggi, MWA Unhas Gandeng Australia

Ia menerangkan, proses penerimaan melalui jalur mandiri mempunyai mekanisme dan prosedur yang berbeda dengan jalur sebelumnya (SNMPTN dan SBMPTN). 

"Semua pembayaran berupa Dana Pengembangan dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dibayarkan setelah dinyatakan lulus, melalui setoran langsung ke rekening universitas," imbuhnya. 

Pendaftaran jalur mandiri di Unhas ditutup pada tanggal 16 Juli 2019. Adapun pengumuman kelulusan bakal diumumkan pada 26 Juli 2019 di situs resmi Unhas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com