Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unhas Terima 4.111 Mahasiswa di Jalur SBMPTN, Kedokteran Jadi Favorit Pendaftar

Kompas.com - 10/07/2019, 11:49 WIB
Himawan,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menerima 4.111 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diumumkan pada Selasa (9/7/2019) kemarin. Unhas menduduki posisi ketujuh, universitas yang diminati calon mahasiswa di jalur ini.

Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah mengatakan, total ada 41.846 peserta SBMPTN terdaftar di Unhas pada tahun ini. Dari angka itu, bidang ilmu sains dan teknologi (saintek) masih lebih diminati pendaftar dibanding bidang ilmu sosial dan humaniora (soshum).

Sebanyak 29.216 pendaftar memilih bidang ilmu sains dan teknologi. Sementara, untuk di bidang soshum hanya ada 12.330 pendaftar.

"Berdasarkan kelompok bidang ilmu, Unhas menempati peringkat kedua nasional untuk peminat bidang saintek. Sebanyak 29.216 peserta yang memilih saintek di Unhas. Di peringkat pertama, terdapat Universitas Brawijaya dengan 33.987 pendaftar saintek," kata Suharman kepada Kompas.com, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: UGM Menerima 3.131 Mahasiswa dari Jalur SBMPTN, Saintek Lebih Diminati

Baca juga: 3.361 Calon Mahasiswa Diterima di UNS Lewat Jalur Seleksi SBMPTN

Sementara itu, menurut Suharman, program studi Pendidikan Kedokteran paling banyak diminati oleh pendaftar SBMPTN di Unhas. Ada 2.111 pendaftar yang memilih prodi ini dalam SBMPTN Unhas tahun ini.

Namun, dari jumlah tersebut, hanya 125 mahasiswa yang diterima.

Sementara, urutan kedua yang menjadi program studi favorit pendaftar di Unhas yaitu Pendidikan Kesehatan Masyarakat dengan jumlah 1.920 peserta. 

"Kedua prodi ini masuk dalam 10 besar peminat saintek secara nasional. Kami menyambut baik capaian ini. Tingginya peminat Unhas menunjukkan masyarakat masih percaya pada kualitas pendidikan di Unhas," kata Suharman.

Suharman meminta peserta yang dinyatakan lulus, agar melakukan pendaftaran ulang. Ia juga mengingatkan bahwa saat ini Unhas masih membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru di jalur kelas internasional dan jalur mandiri yang sudah dibuka hari ini. 

Baca juga: Tidak Lolos SBMPTN? PTS Bisa Jadi Pilihan, Ini 6 Tips Memilihnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com