Gempa Magnitudo 5,7 Kembali Guncang Ternate, Tak Potensi Tsunami

Kompas.com - 09/07/2019, 06:18 WIB
Ilustrasi gempa bumi. AFPIlustrasi gempa bumi.

 

TERNATE, KOMPAS.com - Gempa bumi dengan magnitude 5,7 kembali mengguncang Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Selasa (09/07/2019), pukul 03.42 Wit dini hari.

Data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada 0.41 Lintang Utara (LU), 126.30 Bujur Timur (BT).

Gempa bumi berlokasi pada 125 kilometer Barat Daya Ternate-Malut, pada kedalaman 10 kilometer.


Gempa bumi dirasakan di Ternate II-III MMI dan tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: 49 Kali Gempa Susulan Terjadi di Ternate, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Sebelumnya, pada Senin (08/07/2019) pukul 00.08 Wit, Kota Ternate diguncang gempa bumi magnitudo 7,1 dimutakhirkan menjadi 7,0.

Hingga pukul 20.45 Wit tadi malam, BMKG Stasiun Geofisika Ternate merilis 49 kali gempa susulan dan tidak berpotensi tsunami.

“Gempa susulan itu kekuatannya makin kecil. BMKG terus memantau dan melaporkan perkembangannya secara berkala, untuk itu kita imbau masyarakat tetap tenang dan terpancing dengan isu-isu yang sumbernya tidak dapat dipertanggung jawabkan,” katanya lagi.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,5 di Manado Tak Berpotensi Tunami

 

 

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X