115 Hektare Hutan Savana di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Terbakar

Kompas.com - 08/07/2019, 20:04 WIB
Petugas dan masyarakat berusaha memadamkan api yang membakar hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Dok. BTNGRPetugas dan masyarakat berusaha memadamkan api yang membakar hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani

MATARAM, KOMPAS.com - Kawasan hutan savana Propok di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terbakar.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Sudiyono mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya titik api pada Minggu (7/7/2019) pukul 13.17 Wita.

Usai menerima laporan, tim pemadam yang terdiri dari petugas TNGR, PHL, masyarakat, MMP, Pokdarling dan Pokdarwis, langsung menuju lokasi kebakaran hutan di kawasan Propok.

Baca juga: Penyebab Kebakaran di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Masih Diselidiki

"Sekitar pukul 18.30 Wita dua titik api yang mengarah ke Propok dan Pusuk Sembalun dapat dikendalikan. Namun, beberapa titik api yang mengarah ke Gunung Kondo tidak dapat dikendalikan karena medan yang curam," terang Sudiyono, dalam keterangan tertulis, Senin (8/7/2019).

Mempertimbangkan keselamatan, tim pemadam memutuskan melakukan pemantauan jarak jauh pada malam hari.

Sudiyono mengatakan, vegetasi yang terbakar di antaranya rumput, alang-alang, semak dan perdu. Tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini.

Baca juga: Hutan Bukit Kondo di Taman Nasional Gunung Rinjani Terbakar

Sementara, luas kawasan hutan yang terbakar diperkirakan 115 Hektare.

"Penyebab kebakaran masih dalam proses penyidikan dan kebakaran hutan ini tidak menggangu aktivitas pendakian," kata Sudiyono.

Sudiyono menambahkan, kondisi terakhir hingga malam ini beberapa titik api masih terpantau dan tim masih melakukan pemantauan jarak jauh dari kawasan Sembalun dan Pesugulan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X