Pantau Suhu Udara di Dieng, BMKG Pasang Alat Khusus di Candi Arjuna

Kompas.com - 04/07/2019, 12:45 WIB
Petugas memasang perangkat AWS di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2019)Fadlan Mukhtar Zain Petugas memasang perangkat AWS di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2019)

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memasang alat Automatic Weather Station ( AWS) di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Setyoajie Prayoedhi mengatakan, pemasangan perangkat tersebut bertujuan untuk memberikan informasi cuaca yang terukur di kawasan dataran tinggi Dieng.

"Perangkat ini untuk memberikan informasi cuaca dari parameter terukur  curah hujan, arah dan kecepatan angin, temperatur udara, kelembaban udara, tekanan Udara, dan radiasi matahari," kata Setyoajie melalui keterangan tertulis, Kamis (4/7/2019).

Setyoajie mengatakan dengan alat tersebut informasi cuaca yang terjadi di dataran tinggi Dieng dapat diakses secara cepat, tepat dan akurat.

Baca juga: 5 Fakta Suhu Dingin Ekstrim di Sejumlah Daerah, Minus 11 Derajat di Dieng hingga Peringatan Gelombang Tinggi bagi Nelayan

"Pemasangan perangkat tersebut penting mengingat kawasan tersebut merupakan daerah pertanian strategis sekaligus destinasi wisata di Jawa Tengah," ujar Setyoajie.

Terlebih dalam waktu dekat ini, sambung Setyoajie, akan dilaksanakan agenda wisata tahunan Dieng Culture Festival (DCF) yang biasanya dilaksanakan antara bulan Juli-Agustus.

Seperti diketahui suhu udara di Dieng sejak kurang lebih dua pekan terakhir sangat dingin. Suhu udara di bawah titik beku 0 derajat celsius, sehingga sering muncul embim ea, khususnya di kompleks Candi Arjuna.

Berdasarkan catatan Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dieng, suhu terdingin tahun ini mencapai 11 derajat celsius pada Senin (24/6/2019) pagi.

Baca juga: Suhu Dieng Senin Pagi Minus 11 Derajat Celsius, Tercatat di Candi Arjuna

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X