Salin Artikel

Pantau Suhu Udara di Dieng, BMKG Pasang Alat Khusus di Candi Arjuna

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang alat Automatic Weather Station (AWS) di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Setyoajie Prayoedhi mengatakan, pemasangan perangkat tersebut bertujuan untuk memberikan informasi cuaca yang terukur di kawasan dataran tinggi Dieng.

"Perangkat ini untuk memberikan informasi cuaca dari parameter terukur  curah hujan, arah dan kecepatan angin, temperatur udara, kelembaban udara, tekanan Udara, dan radiasi matahari," kata Setyoajie melalui keterangan tertulis, Kamis (4/7/2019).

Setyoajie mengatakan dengan alat tersebut informasi cuaca yang terjadi di dataran tinggi Dieng dapat diakses secara cepat, tepat dan akurat.

"Pemasangan perangkat tersebut penting mengingat kawasan tersebut merupakan daerah pertanian strategis sekaligus destinasi wisata di Jawa Tengah," ujar Setyoajie.

Terlebih dalam waktu dekat ini, sambung Setyoajie, akan dilaksanakan agenda wisata tahunan Dieng Culture Festival (DCF) yang biasanya dilaksanakan antara bulan Juli-Agustus.

Seperti diketahui suhu udara di Dieng sejak kurang lebih dua pekan terakhir sangat dingin. Suhu udara di bawah titik beku 0 derajat celsius, sehingga sering muncul embim ea, khususnya di kompleks Candi Arjuna.

Berdasarkan catatan Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dieng, suhu terdingin tahun ini mencapai 11 derajat celsius pada Senin (24/6/2019) pagi.

https://regional.kompas.com/read/2019/07/04/12452591/pantau-suhu-udara-di-dieng-bmkg-pasang-alat-khusus-di-candi-arjuna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke