PKL: PT KAI dan Pemkab Jombang Tidak Punya Hati, Main Gusur Seenaknya

Kompas.com - 04/07/2019, 10:59 WIB
Penertiban lapak milik pedagang kaki lima (PKL) di depan Stasiun Kereta Api Jombang Jawa Timur, oleh petugas gabungan, Kamis (4/7/2019) pagi.MOH. SYAFIÍ Penertiban lapak milik pedagang kaki lima (PKL) di depan Stasiun Kereta Api Jombang Jawa Timur, oleh petugas gabungan, Kamis (4/7/2019) pagi.

JOMBANG, KOMPAS.com - Sejumlah lapak milik pedagang kaki lima ( PKL) di depan Stasiun Kereta Api Jombang, Jawa Timur, ditertibkan oleh petugas gabungan, Kamis (4/7/2019) pagi.

Penertiban oleh petugas gabungan sempat diliputi ketegangan. Penyebabnya, Retnaning (31), salah satu PKL, melakukan protes terhadap tindakan petugas. 

Sambil meluapkan emosinya, ibu dua anak itu melemparkan beberapa potongan kayu bekas lapak yang dirobohkan.


Beberapa kali, perempuan itu juga menyiram air ke berbagai arah sambil mengeluarkan kata-kata kasar.

Baca juga: Bangunan Bata Kuno di Jombang Merupakan Saluran Air Peninggalan Majapahit

" PT KAI dan Pemkab (Jombang) tidak punya hati, main gusur seenaknya," seru Naning, sambil memunguti barang-barang di lokasi lapak yang ditertibkan.

Saat beberapa petugas mencoba membantu membersihkan barang-barang dagangannya dan serpihan bekas lapak, Naning tak segan menghardik petugas. Dia pun menyuruh petugas agar tidak mendekati barang-barang miliknya.

"Wis, tak resikane dewe (sudah, biar saya bersihkan sendiri)," ujar warga Kaliwungu Kabupaten Jombang itu, meluapkan emosinya.

Wawan Kurniawan (35), suami dari Naning mengungkapkan, dia berjualan makanan dan minuman di depan Stasiun Kereta Api Jombang sejak tahun 1995. Lapak PKL itu pertama dibuka oleh orangtuanya.

"Sejak tahun 1995 berjualan di tempat ini, melanjutkan orangtua saya. Selama ini tidak ada masalah, tapi sekarang kami digusur," tutur Wawan, di lokasi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X