Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kekeringan, Pemkab Jombang Bor Sumber Air Baru di 4 Desa

Kompas.com - 02/07/2019, 10:53 WIB
Moh. SyafiĆ­,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, akan melakukan pengeboran sumber air baru di empat titik yang menjadi wilayah rawan krisis air bersih saat musim kemarau.

Keempat titik yang akan dilakukan pengeboran sumber air, yakni Desa Marmoyo Kecamatan Kabuh, Desa Cupak Kecamatan Ngusikan, Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng, dan Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung.

Baca juga: Kemarau Diperkirakan Lebih Panjang, Warga Diminta Waspada Kekeringan

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang, empat desa tersebut merupakan desa yang berpotensi mengalami kekeringan hingga krisis air bersih, saat berlangsungnya musim kemarau.

Kepala Bidang Sarana dan Utilitas Umum Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Jombang, Joko Murcoyo mengatakan, sejauh ini titik sumber air yang akan dibor sudah ditentukan.

Demikian pula dengan sistem distribusi air dan jaringan pipa dari penampung air menuju rumah-rumah penduduk.

"Dalam waktu dekat kita lakukan (pengeboran). Sumber airnya sudah didapatkan, sistem distribusi dan jaringan ke penampung air juga disiapkan," kata Joko kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2019).

Baca juga: Masuk Musim Kemarau, 1.007 Hektar Sawah di Cianjur Terancam Kekeringan

Dijelaskan, pengeboran sumber air di Desa Marmoyo, Cupak, Ngrimbi dan Kedunglumpang, anggarannya bersumber dari APBD Jombang tahun 2019. Setiap titik, anggaran yang disiapkan sebesar Rp 200 juta.

Dalam pelaksanaannya, kata Joko, pengeboran akan dilakukan tim pelaksana kegiatan (TPK) masing-masing desa. Masyarakat setempat dilibatkan mulai perencanaan hingga realisasi pengeboran sumber air.

Selain melakukan pengeboran sumber air dengan anggaran yang bersumber dari APBD, Pemkab Jombang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga akan melakukan pengeboran sumber air di sejumlah lokasi lain.

"Ini merupakan program khusus untuk daerah-daerah yang sering menghadapi masalah krisis air bersih. Sejak tahun lalu sudah masuk usulan dan dalam waktu dekat akan dimulai pengeboran," kata Joko saat ditemui di kantornya.

Disebutkan, ada 10 titik lokasi pengeboran sumber air yang diusulkan untuk dibiayai APBN melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Sedangkan, pengeboran sumber air di empat desa yang dibayai APBD Jombang, merupakan bagian dari sharing dari pelaksaan program Pamsimas di belasan desa yang diusulkan kepada pemerintah pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com