Agar Bisnis Membaik, Bandara Husein Sastranegara Bidik Penerbangan Asia Tenggara dan Australia

Kompas.com - 03/07/2019, 16:03 WIB
Kondisi Bandara Husein Sastranegara pasca-pemindahan 56 penerbangan dari Husein ke Kertajati, Rabu (3/7/2019). KOMPAS.com/RENI SUSANTIKondisi Bandara Husein Sastranegara pasca-pemindahan 56 penerbangan dari Husein ke Kertajati, Rabu (3/7/2019).

BANDUNG, KOMPAS.comBandara Husein Sastranegara tengah menyusun rute baru untuk mengisi kekosongan slot pasca-pemindahan 56 penerbangan dar Husein ke Bandara Internasional Kertajati.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman mengatakan, berdasarkan kesepakatan, penambahan rute maupun frekuensi untuk penerbangan Pulau Jawa dan internasional.

“Alhamdulillah per 1 Juli 2019, izin penambahan rute untuk ke Yogyakarta dan Surabaya sudah diberikan oleh Kementerian Perhubungan,” ujar Andika di Bandara Husein, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: 56 Penerbangan Pindah ke Kertajati, Ini Dampaknya Bagi Bisnis Bandara Husein

Dengan penambahan izin tersebut, Husein yang awalnya melayani 20 penerbangan kini bertambah menjadi 46 penerbangan.

Sedangkan untuk rute internasional, pihaknya membidik negara-negara Asia Tenggara dan Australia. Hal itu disesuaikan dengan panjang runway dan jenis pesawat yang cocok untuk Husein.

“Rutenya harus sesuai kemampuan runway kami dan memang yang paling ideal rute Asia Tenggara seperti Thailand atau Australia,” ucapnya.

Baca juga: Disediakan Damri bagi Penumpang Kertajati yang Nyasar ke Bandara Husein Sastranegara

Penambahan rute domestik untuk Pulau Jawa dan internasional saat ini masih dalam proses. Pihaknya harus berkoordinasi dengan maskapai, Kemenhub, dan destinasi yang akan dituju.

“Ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Kami berharap secepatnya, agar (jumlah) penumpang Husein kembali naik. Omzet para tenant di Husein pun kembali membaik,” ujarnya.

Saat ini, Husein hanya melayani dua rute penerbangan internasional yakni Singapura dan Kuala Lumpur. Dua rute ini dilayani 3 maskapai yakni Malindo, Air Asia, dan Silk Air.

Untuk rute internasional ini, terdapat 12 penerbangan, terdiri dari 6 take-off dan 6 landing. Pasar dari rute internasional di Husein ini cukup tinggi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X