Penumpang Batik Air Tujuan Sorong Bercanda Bawa Bom

Kompas.com - 03/07/2019, 05:37 WIB
Ilustrasi: Para penumpang Batik Air tujuan Kupang-Jakarta saat diturunkan dari pesawat, karena adalah salah satu penumpang bercanda tentang bom, Senin (16/7/2018). Penumpang yang bercanda membawa bom adalah pensiunan ASN. Dokumen Bandara El Tari KupangIlustrasi: Para penumpang Batik Air tujuan Kupang-Jakarta saat diturunkan dari pesawat, karena adalah salah satu penumpang bercanda tentang bom, Senin (16/7/2018). Penumpang yang bercanda membawa bom adalah pensiunan ASN.

MANOKWARI, KOMPAS.com - Seorang penumpang penerbangan Batik Air berinisial JT terpaksa harus berurusan dengan aparat kepolisian karena bercanda membawa bom dalam barang bawaannya.

Penumpang maskapai penerbangan Batik Air tujuan Manokwari- Sorong ini diamankan di Bandara Rendani, Manokwari, Selasa (2/7/2019).

Kabid Humas Polda Papua AKBP Mathias Y Krey membenarkan kejadian tersebut saat dikonfirmasi.

"Penumpang ini melakukan candaan kepada pramugari dan langsung diturunkan dan diamankan di Polsek Bandara Rendani," kata Mathias, Selasa malam.

Baca juga: Terpidana Candaan Bom di Pesawat, Frantinus Nirigi Akhirnya Bebas

Kronologi

Mathias menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi saat boarding. Penumpang bernama JT naik ke dalam pesawat dengan membawa tas gendong kecil yang digantung di pundak sebelah kiri.

Saat duduk di kursi pesawat, tas tersebut masih tetap berada di pundaknya. Salah seorang pramugari kemudian mengarahkan JT untuk memasukan tas tersebut ke dalam kantong kursi.

"Waktu diarahkan oleh pramugari, JT dengan spontan mengatakan ada bom dalam tas tersebut," kata Mathias.

Akibat pengakuan penumpang tersebut, pramugari lalu melaporkan kepada petugas keamanan (Avsec) yang masih berada di dalam pesawat.

Selanjutnya, petugas menurunkan JT dan membawanya ke Polsek Bandara Rendani untuk diperiksa.

"Waktu diperiksa, pengakuannya hanya bercanda dan tidak ada tujuan dan maksud tertentu," lanjut Mathias.

Baca juga: Selama Mei 2018, Ada 6 Kasus Candaan Bom di Pesawat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X