Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Progres Pembangunan Alun-alun Surabaya yang Terus Ditanyakan Risma

Kompas.com - 02/07/2019, 06:13 WIB
Ghinan Salman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Basemen Alun-alun Surabaya mulai dikerjakan dengan pelaksanaan pile integrity test (PIT) di sisi barat Jalan Yos Sudarso, Senin (1/7/2019).

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya Iman Krestian mengatakan, proses pengerjaan tes PIT sisi barat Jalan Yos Sudarso ini sesuai dengan target.

Menurut dia, tes PIT dilakukan untuk mengetahui tata letak atau kedalaman infrastruktur dan jaringan bawah tanah yang ada di Jalan Yos Sudarso, seperti kabel fiber optik, pipa PDAM, ataupun utilitas kecil lainnya.

"Pengerjaan tes PIT ini lebih cepat dari target ya. Setelah kita lakukan penggalian tidak ditemukan jaringan infrastruktur apa pun, jadi yang seharusnya dikerjakan selama dua hari bisa dipersingkat menjadi sehari saja," kata Iman kepada Kompas.com, Senin (1/7/2019).

Baca juga: Meski Sakit, Risma Sempat Tanyakan Progres Alun-alun Surabaya

Ia berujar, hasil galian hingga kedalaman 2,5 meter tidak ditemukan jaringan utilitas apa pun. Iman memastikan basemen Alun-alun Surabaya sisi barat sudah aman. Selain itu, di sisi barat juga sudah dilakukan pengurukan.

Dalam proses pengurukan itu, ada sisa lubang yang ditutup dengan sebuah beton precast. "Hari ini kita normalisasikan, dan malam ini lanjut sisi timurnya untuk digali," ujar Iman.

Sisi timur makan waktu lebih lama

Untuk sisi timur Jalan Yos Sudarso, Ia memprediksi terdapat jaringan PDAM dan PGM. Ia memperkirakan tes PIT di sisi timur Jalan Yos Sudarso membutuhkan waktu lebih lama.

"Mungkin waktunya (pengerjaan) dibutuhkan lebih lama dibandingkan sisi barat, karena sudah dipastikan terdapat infrastruktur lain di sini," ucap dia.

Baca juga: Uniknya Alun-alun Bawah Tanah Surabaya, Dua Lantai Dilengkapi Air Mancur dan Dome Kaca

Iman mengupayakan pengerjaan sisi timur berjalan cepat, meski hal itu akan bergantung saat dilakukan pengurukan.

Ia juga telah berkoordinasi dan memjnta para vendor terkait untuk memindahkan jaringannya saat pelaksanaan pengerjaan basemen dimulai.

"Kami upayakan lebih cepat, tujuannya kan identifikasi agar semua vendor siap-siap memindahkan jaringannya saat pelaksanaan pengerjaan basemen nanti," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com