Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Yos Sudarso Selama Pengerjaan Alun-alun Surabaya

Kompas.com - 18/06/2019, 22:17 WIB
Ghinan Salman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Separuh Jalan Yos Sudarso di Surabaya, Jawa Timur, akan ditutup sementara seiring dimulainya pengerjaan Alun-alun Surabaya yang akan dimulai Kamis (20/6/2019) hingga Senin (24/6/2019).

Pengerjaan diawali dengan tes pile integrity test (PIT). 

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Surabaya Beta Ramadhani mengatakan, sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama proyek itu dikerjakan.

Penutupan di sisi barat dan timur akan disesuaikan dengan pengerjaan atau tes PIT di Jalan Yos Sudarso.

Baca juga: Alun-alun Bawah Tanah Surabaya Mulai Dibangun, Jalan Yos Sudarso Ditutup Separuh

Artinya, apabila pengerjaan tes PIT dilakukan di sisi barat, jalan yang bisa dilalui pengendara adalah dua lajur di sisi timur Jalan Yos Sudarso. 

Sebaliknya, apabila pengerjaan tes PIT dilakukan di sisi timur, jalan yang bisa dilalui pengendara adalah dua lajur di sisi barat Jalan Yos Sudarso. 

Sementara itu, arus lalu lintas dari Jalan Gubernur Suryo menuju Jalan Yos Sudarso akan ditutup. Kendaraan yang akan melintas akan dialihkan ke Jalan Panglima Sudirman.

Termasuk tikungan di depan Tunjungan Plaza yang terletak di Jalan Basuki Rachmat menuju arah Jalan Gubernur Suryo juga akan ditutup. Jalan itu hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Penutupan separuh jalan akan dimulai pada Kamis (20/6/2019) pukul 20.00 WIB di dua lajur sisi barat. Selanjutnya pada hari Sabtu (22/6/2019) sisi sebelah timur Jalan Yos Sudarso akan ditutup separuh, untuk pengerjaan di sisi barat," kata Beta, Selasa (18/6/2019).

Baca juga: Pemkot Surabaya Kalah Banding, Bagaimana Kelanjutan Alun-Alun Surabaya?

Ia menjelaskan, setalah tes PIT rampung dikerjakan selama empat hari ke depan, pihaknya akan melakukan analisa untuk melakukan penutupan total di Jalan Yos Sudarso selama enam bulan.

Penutupan Jalan Yos Sudarso selama enam bulan itu dilakukan untuk membangun basement Alun-alun Surabaya bawah tanah.

Menurut rencana, kata dia, penutupan total selama enam bulan di Jalan Yos Sudarso akan diberlakukan mulai Juli.

"Sudah ada alternatif jalan selama dilakukan penutupan total, namun untuk finalnya masih akan kita rapatkan besok. Semua SKPD akan terlibat sekalian pengalihan arus lalu lintasnya untuk disosialisasikan ke masyarakat," terang Beta.

Pihaknya juga akan menyiagakan petugas untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com