Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain di Mojokerto, Bata Kuno Era Majapahit Ditemukan di Jombang

Kompas.com - 25/06/2019, 21:22 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Batu bata kuno yang diidentifikasi sebagai peninggalan zaman Majapahit, ditemukan di Dusun Kedaton, Desa Bulorejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Bata kuno tersebut ditemukan oleh warga pada Maret 2019 lalu, saat menggali lahan bekas persawahan untuk mengais pasir. Selain bata kuno, di lokasi penemuan juga ditemukan serpihan tengkorak manusia.

Temuan bata kuno tersebut ditindaklanjuti oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, di Trowulan, akhir pekan lalu.

Baca juga: Bata Kuno Ditemukan di Mojokerto, Diduga Peninggalan Era Majapahit

Arkeolog dari BPCB Jawa Timur di Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, pada Sabtu (22/6/2019) lalu, pihaknya melakukan observasi di lokasi penemuan bata kuno tersebut.

Dipaparkan, batu bata kuno Dusun Kedaton, Desa Bulorejo, memiliki ketebalan 5-6 centimeter dan lebar 21 centimeter. Sedangkan ukuran panjangnya, 31 centimeter.

Tumpukan batu bata kuno secara struktur membentuk sebagai bekas dinding dan ditemukan pada kedalaman 160 centimeter.

"Ketika kita di lapangan, kita menemukan struktur bata 11 lapis, orientasi barat timur. Kedalaman temuan, di kedalaman 160 centimeter," katanya kepada Kompas.com, Selasa (25/6/2019).

Baca juga: Bata Kuno di Mojokerto Diduga Bekas Permukiman Elite Bangsawan Majapahit

Menurut Wicaksono, berdasarkan observasi awal, bata kuno di Dusun Kedaton, Desa Bulorejo, Kabupaten Jombang, identik dengan struktur dan motif benda pada masa kerajaan Majapahit.

"Kalau dari masanya, memang kelihatannya dari masa Majapahit. Karena dari bentuk batanya yang memiliki panjang 31 centimeter, lebar 21 centimeter dengan ketebalan 5-6 centimeter, itu mengindasikan peninggalan Majapahit," jelasnya.

Batu bata kuno ditemukan di bekas areal persawahan di Dusun Kedaton, Desa Bulorejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Benda yang diduga peninggalan era Majapahit itu ditemukan warga penggali pasir, pada Maret 2019 lalu.KOMPAS.com/HANDOUT Batu bata kuno ditemukan di bekas areal persawahan di Dusun Kedaton, Desa Bulorejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Benda yang diduga peninggalan era Majapahit itu ditemukan warga penggali pasir, pada Maret 2019 lalu.
Penemuan bata kuno di lokasi tersebut, lanjut Wicaksono, diduga memiliki keterkaitan dengan bata kuno yang ditemukan di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, pada akhir tahun 2016.

Secara geografis, Desa Bulorejo, Kecamatan Diwek dengan Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, merupakan dua desa yang lokasinya bersebelahan.

Bata kuno yang ditemukan di Desa Sugihwaras, beberapa tahun lalu, teridentifikasi sebagai bekas kompleks pemukiman warga.

Baca juga: Temuan Batu Bata Kuno Mirip Fondasi di Kediri Dipastikan Benda Purbakala

"Dengan temuan (di Dusun Kedaton Desa Bulorejo) ini, kami akan plotting dengan temuan di (desa) Sugihwaras, kita akan menarik batas-batas sebaran (bata kuno) di Sugihwaras," kata Wicaksono.

Ditambahkannya, untuk pengamanan dan pelestarian benda-benda cagar budaya yang di temukan di wilayah Jombang, BPCB akan berkoordinasi dengan dua pemerintahan desa, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com