Menteri BUMN Resmikan 10 SPBU di Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 30/05/2019, 20:44 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno berbincang dengan salah seorang petugas SPBU di KM 379 tol trans jawa. Kompas.com/Ari HimawanMenteri BUMN Rini Soemarno berbincang dengan salah seorang petugas SPBU di KM 379 tol trans jawa.

BATANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan 10 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum milik PT Pertamina di tol rest area Km 379 Gringsing, Batang, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019).

Rini Soemarno mengatakan bahwa PT Pertamina dalam pembangunan SPBU di rest area memang dipercepat dan dikebut agar pemudik bisa terlayani dengan baiik.

"Alhamdulilah 10 SPBU di trans jawa sudah full operasional yang dilengkapi dengan tambahan-tambahan tengki BBM agar masyarakat tidak kesulitan dalam perjalanan mereka untuk mudik," katanya. 

Baca juga: Kurangi Takaran BBM, SPBU Curang di Gorontalo Disegel Polisi

SPBU Trans Jawa jumlah totalnya ada 17 yang akan diselesaikan. Lanjutnya, dan yang ada di Tol Trans Sumatera ada 11, sehingga jumlah total semuanya 28.

Ia juga mengatakan bahwa pemudik yang menggunakan jalan tol sudah cukup padat, sehingga dalam perjalannya di sejumlah rest area mengharuskan beralih menggunakan kereta api untuk sampai di rest area km 379.

Direktur Pemasaran dan Retail PT Pertamina Masud Hamid mengatakan, berbeda dengan fasilitas kios pada mudik lebaran tahun sebelumnya, pada tahun ini Pertamina MOR IV berinovasi pada fasilitas pengisian BBM di kios.

Bila pada tahun sebelumnya kios Pertamina di dominasi dengan penjualan BBM manual dan kemasan, kali ini Pertamina telah menggunakan SPBU non permanen yaitu modular dan modular kompak yang dilengkapi dengan tangki dan dispenser sehingga mempersingkat waktu pengisian BBM di Rest Area.

Baca juga: Pertamina Siapkan 15 SPBU di Tol Lampung-Palembang

15 kios Pertamina siaga pada tahun ini terdiri dari 7 titik kios modular kompak, 2 titik kios modular, 5 titik kios mobile dispencer dan 2 titik kios kemasan. 

“Strategi pembentukan Satgas (satuan tugas) tahun ini diperkuat dengan 45 SPBU kantong dan 22 SPBE kantong yang tersebar di berbagai lokasi guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki ke lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami kemacetan dan kepadatan,” jelasnya. 

Ia menjelaskan bahwa Pertamina telah membentuk satgas yang mulai aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X