Pertamina Siapkan 15 SPBU di Tol Lampung-Palembang

Kompas.com - 28/05/2019, 11:11 WIB
Pengerjaan tol Kapal betung yang akan di fungsikan untuk arus mudik nanti. Jalan tol Kapal Betung difungsikan sebanyak 33 kilometer. KOMPAS.com/AJI YK PUTRAPengerjaan tol Kapal betung yang akan di fungsikan untuk arus mudik nanti. Jalan tol Kapal Betung difungsikan sebanyak 33 kilometer.

PALEMBANG, KOMPAS.com -PT Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) menyiapkan sebanyak 15 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU) di ruas jalur tol Palembang- Lampung selama arus mudik berlangsung.

Ke-15 SPBU tersebut dibagi beberapa titik, yakni untuk ruas tol Bakauheni (Lampung)-Terbanggi Besar sebanyak tujuh SPBU dan delapan SPBU untuk Pematang Panggang -Palembang.

Baca juga: H-9 Jelang Lebaran, Tiket Kereta Api Palembang-Lampung Habis Terjual

Marketing Operasion Region Sumbagsel di Palembang Primarini mengatakan, jadwal operasi 15 SPBU akan menyesuaikan dengan waktu yang ditentukan.

Namun, untuk kawasan tol Bakauheni-Terbanggi Besar telah beroperasi selama 24 jam penuh.

"Tapi untuk Terbanggi Besar-Palembang jadwal operasi hanya sampai pukul 16.00WIB, karena sesuai dengan waktu operasional tol," kata Primarini, Senin (27/5/2019).

Diungkapkan Primarini, sebanyak 4 kiloliter bahan bakar akan dipasok untuk disetiap SPBU yang berada di dalam kawasan tol. Selain itu, kawasan pintu keluar pun juga akan disiapkan bahan bakar.

"Ada juga petugas pengantar bahan bakar dengan menggunakan sepeda motor.  15 personel di Lampung dan 5 personel di Sumsel. Selain di tol, mereka juga berada di non tol,” jelasnya.

Dalam arus mudik lebaran tahun ini, jumlah penggunaan bahan bakar di wilayah Sumbagsel diperkirakan mencapai 8.900 kiloliter per hari. Jumlah itu meningkat 18 persen dibanding tahun lalu sebesar 7.500 kiloliter per hari.

"Penyebab naiknya penggunaan bahan bakar tersebut, karena banyaknya kendaraan yang melintas melalui jalur darat akibat kenaikan harga tiket pesawat," jelasnya.

Baca juga: Mudik Lewat Tol Kayu Agung-Palembang Dibatasi Pukul 06.00-18.00 WIB

Diberitakan sebelumnya, para pengguna jalan tol Terbanggi Besar- Palembang akan dibatasi hingga pukul 16.00 WIB, saat difungsikan untuk arus mudik pada (29/5/2019) nanti. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X