Cegah Antraks Meluas, Ratusan Hewan Ternak Disuntik Antibiotik

Kompas.com - 29/05/2019, 09:49 WIB
Bupati Gunungkidul Badingah (jilbab Merah) KOMPAS.com/MARKUS YUWONOBupati Gunungkidul Badingah (jilbab Merah)

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta melakukan penyemprotan formalin ulang di lokasi terpapar antraks untuk mencegah spora antraks menyebar serta untuk mengurangi efek samping vaksin.

"Kita berupaya maksimal untuk mencegah penyakit antraks menyebar luas, karena kita termasuk gudang ternak di DIY," kata Bupati Gunungkidul, Badingah, di Bangsal Sewokoprojo Selasa (28/5/2019) malam.

Menurut dia, upaya ini dilakukan agar masyarakat, pedagang dan petani tidak mengalami kerugian. Apalagi saat ini mendekati hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Selama ini hewan ternak yang berasal dari Gunungkidul terutama sapi menjadi favorit pembeli dari luar daerah karena berkualitas.

"Jangan sampai peternak kita mengalami keterpurukan," ujarnya.

Baca juga: Kasus Antraks di Gunungkidul, Pasar Hewan Diusulkan Ditutup Sementara

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Bambang, Wisnu Broto menyampaikan, sebaran antraks saat ini masih di lokal Grogol IV, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Hal itu dibuktikan dari sampel beberapa titik seperti Nglipar dan Semanu terbukti negatif. Pihaknya juga mengambil sampel tanah di Pasar Karangmojo, Ponjong dan Wonosari, yang dikirimkan ke BBVET (Balai Besar Veteriner) Wates.

Hasil tes baru bisa diketahui Jumat (31/5/2019.)

Selain itu pihaknya juga memberikan disinfektan ulang dengan cairan formalin 10 persen di lokasi terpapar di Dusun Grogol IV. Pemerintah juga telah melakukan penyuntikan antibiotik.

Hingga saat ini sudah ada 285 ekor sapi, 699 ekor kambing, dan 9 ekor domba yang telah disuntik.

"Penyuntikan antibiotik sudah kita lakukan seminggu. Setelah dua minggu akan kita suntikkan vaksin," ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X