Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-10 Lebaran, Proyek Jalan di Jalur Selatan Jawa Dihentikan

Kompas.com - 22/05/2019, 11:47 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Rachmawati

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sejumlah proyek pekerjaan jalan di jalur selatan Pulau Jawa ruas Wangon, Banyumas, Jawa Tengah hingga batas DIY ditargetkan selesai paling lambat H-10 lebaran.

PPK Pelaksana Jalan Nasional Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Wilayah Wangon-Batas DIY, Yafoor Sulaiman mengatakan saat ini sedang ada pekerjaan pembetonan jalan di ruas Wangon hingga perbatasan Banyumas-Kebumen.

"Tahun ini ada dua paket. Wangon hingga batas Kebumen dan batas Kebumen hingga batas DIY. Yang duluan dikerjakan yang barat, ruas Wangon hingga batas Kebumen," kata Yafoor saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/5/2019).

Baca juga: Arus Mudik-Balik, Jalur Selatan Jateng Ditarget Bebas Lubang

Yafoor menjelaskan paket pertama pekerjaan beton ruas jalan Wangon hingga batas Kebumen sepanjang 10,2 km, sedangkan paket kedua ruas jalan batas Kebumen hingga batas DIY sepanjang 13,7 km.

"Dari 10,2 km ruas jalan Wangon-batas Kebumen yang akan dibeton baru 1,8 km yang dibeton. Sisanya otomatis setelah lebaran. Kita tidak boleh melakukan kegiatan yang mengganggu. H-10 sampai H+10 kita hentikan," ujar Yafoor.

Sedangkan untuk pekerjaan ruas jalan batas Kebumen hingga batas DIY, lanjut Yafoor, baru akan dilaksanakan setelah lebaran.

Baca juga: Jelang Arus Mudik, Perbaikan Jalur Pantura Gresik-Lamongan Dikebut

Yafoor memastikan pekerjaan beton di ruas jalan Wangon hingga batas Kebumen yang belum rampung sepenuhnya tidak akan mengganggu arus lalu lintas.

"Tidak akan mengganggu, karena pekerjaan itu terbagi dalam enam segmen. Dua segmen kita kerjakan sebelum lebaran, sisanya setelah lebaran. Target kita tidak ada beda tinggi antara kanan dan kiri. Sama sekali tidak mengganggu, malah mendukung karena jalan lebih baik," kata Yafoor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com