Jelang Arus Mudik Lebaran, Jalan Utama Kabanjahe Diperlebar

Kompas.com - 20/05/2019, 14:17 WIB
Ilustrasi perbaikan jalan. -- Perbaikan Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat tepat di depan Gedung Diklat Kemenkominfo, Jumat (13/9/2013). Perbaikan jalan itu mengakibatkan penutupan jalan sehingga memicu kemacetan. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaIlustrasi perbaikan jalan. -- Perbaikan Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat tepat di depan Gedung Diklat Kemenkominfo, Jumat (13/9/2013). Perbaikan jalan itu mengakibatkan penutupan jalan sehingga memicu kemacetan.

KOMPAS.com - Jalan utama Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang menghubungkan Kota Medan menuju Kota Cane, Aceh tenggara diperlebar masing-masing 5 meter kiri dan kanan jalan.

Penanggung jawab pelebaran jalan PT Rumah Berneh, Glori Sembiring di Kabanjahe, Minggu, mengatakan, pelebaran jalan tersebut memang untuk persiapan menghadapi arus mudik dan ditarget selesai sebelum Lebaran.

"Ini jalur utama dari Medan menuju Aceh dan dari Medan ke Pematang Siantar juga. Jadi kita mempersiapkan ini untuk mudik Lebaran," katanya, seperti dikutip dari Antaranews.

Baca juga: Lagi, Warga Temukan Kartu Indonesia Pintar di Jalan

Kabupaten Karo merupakan wilayah yang menghubungkan Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang menuju Kota Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara.

Setiap momen libur panjang atau arus mudik Lebaran, jalanan di Kota Kabanjahe merupakan jalan utama yang kerap dipakai untuk pemudik sepeda motor maupun mobil menuju Aceh Tenggara.

Untuk memperlancar arus mudik tahun 2019, Pemkab Karo mulai berbenah dengan memperbaiki serta memperlebar jalan di Kota Kabanjahe sepanjang sekitar 5 kilometer.

Baca juga: Angkasa Pura Akan Bangun Jalan Layang bagi Bandara Internasional Yogyakarta

Ruas jalan yang diperlebar itu seluas masing-masing 5 meter lebih ke kiri dan kanan jalan utama yang ditargetkan selesai sepekan sebelum Idul Fitri.

"Ruas jalan yang diperlebar ini merupakan titik yang kerap mengalami kemacetan karena tidak hanya menampung pemudik yang ingin ke Aceh dari Medan, tapi juga wisatawan lokal yang ingin berkunjung ke Kabupaten Karo," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X