Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpura-pura Jadi Penumpang, Pria Ini Curi Tas di Kereta

Kompas.com - 07/05/2019, 13:10 WIB
Reni Susanti,
Rachmawati

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Pencuri tas penumpang di KA Lodaya relasi Bandung-Solo Balapan berhasil ditangkap petugas, Senin (6/5/2019).

Aksi pencuri pada 24 April 2019 itu terekam CCTV dan potongan rekaman CCTV tersebut menyebar di media sosial Facebook dan sempat viral di grup whatsapp.

Dalam video tersebut, pencuri terlihat berada di kursi paling belakang kereta. Saat penumpang lainnya lengah, ia berdiri di kursi dan mencuri tas yang ada di bagian atas.

“Pelaku ditangkap saat turun dari KA Pangandaran di Stasiun Bandung Senin kemarin sekitar pukul 18.45 WIB,” ujar Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung, Saridal, saat dihubungi Kompas.com melalui saluran telepon, Selasa (7/5/2019).

Baca juga: Terobos Palang Pintu, Pengendara Sepeda Motor di Karawang Tewas Tertabrak Kereta Api

Saridal menjelaskan pelaku berinisial H (55) warga Padalarang. Modusnya, pelaku naik kereta dan berpura-pura menjadi penumpang.

Pencuri masuk ke stasiun dengan membeli tiket KA lokal. Ia kemudian mengincar tas di kereta api.

Untuk mencegah kejadian terulang, pihaknya melakukan pembinaan secara komprehensif kepada seluruh petugas stasiun agar tetap waspada.

Saridal juga berpesan agar penumpang kereta segera melaporkan kepada petugas jika kehilangan barang atau melihat gerak-gerik mencurigakan.

Baca juga: Tertahan Banjir di Pasuruan, Penumpang Kereta Api Diantar Menggunakan Bus

Manager Humas Daop 2, Noxy Citrea mengatakan, selama ini pengamanan di kereta api sudah berlapis. Selain ada petugas keamanan yang selalu bergerak di dalam kereta, ada juga kamera CCTV di setiap kereta dan juga di stasiun.

“Jangan sungkan untuk melaporkan apapun yang berpotensi mengganggu kenyamanan selama dalam perjalanan kereta api,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com