Alasan Jaksa Tuntut WN Prancis Gembong Narkoba Dorfin Felix 20 Tahun Penjara

Kompas.com - 30/04/2019, 11:51 WIB
Mataram, Kompas.Com- Dorfin Felix, WNA Francis menjalani sidang di Pengadilan Negeri MataramKOMPAS. Com/Fitri.R Mataram, Kompas.Com- Dorfin Felix, WNA Francis menjalani sidang di Pengadilan Negeri Mataram

MATARAM, KOMPAS.com - Jaksa penuntut umum (JPU) Ginung Pratidina mengatakan, banyak yang memprediksi WN Prancis terdakwa kasus narkoba Dorfin Felix akan dituntut dengan hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

Namun, jaksa dalam sidang Senin (29/4/2019), menuntut Dorfin dengan 20 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar.

Jaksa menyebut, tuntutan ini sudah merupakan pidana maksimal yang bisa diterapkan. JPU akan melihat apakah hakim nantinya akan memutus sama, lebih tinggi, atau lebih rendah dari tuntutan.


"Saya rasa tidak mungkin lebih rendah (dari tuntutan). Jika masih ingat kasus 2,6 kilogram sabu milik Katlyn Dunn, WNA asal Afrika Selatan yang dituntut 20 tahun, saat banding jadi hukuman seumur hidup, supaya tidak terjadi disparitas dalam tuntutan penuntut umun, dengan jenis dan berat narkotika yang sama," kata Ginung.

Baca juga: WN Perancis Dorfin Felix Dituntut 20 Tahun Penjara karena Narkoba

Hukuman berat seperti seumur hidup, kata Ginung, tetap tidak bisa memberi efek jera selama masih banyak yang membutuhkan atau pengonsumsi narkotika. 

"Jadi, hukuman berat itu bagi saya tidak mempan memberi efek jera, karena banyak yang masih mengunakan narkotika dan membutuhkan jasa para pelaku, itu artinya kejahatan transaksi narkotika tidak mudah dihentikan selama penguna juga masih banyak," kata Ginung.

Kasus narkotika yang disidangkan meningkat

Apa yang dikatakan Ginung Pratidina terkait hukuman berat belum memberi efek jera selama masih banyak penguna narkotika, bukan tanpa alasan.

Ginung mengungkapkan, data peningkatan kasus Narkotika yang disidangkan di Pengadilan Negeri Mataram hingga bulan April 2019 ini.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X