Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati OKU Usulkan Ongkos BRT Baturaja Dibayar Menggunakan Sampah

Kompas.com - 25/04/2019, 11:33 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.comBupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis mengusulkan, ongkos Bus Rapid Transit (BRT) Trans Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan (Sumsel) dibayar menggunakan sampah.

"Untuk sementara ini penumpang yang menggunakan jasa angkutan BRT dapat membayar ongkosnya tidak dengan uang, namun menggunakan sampah saja selama tarifnya belum ditetapkan," kata Kuryanadi Baturaja, seperti dikutip dari Antaranews, Sabtu (20/4/2019).

Baca juga: BRT Segera Beroperasi di Jambi, Ditargetkan 100 Bus Wara-wiri Layani Berbagai Rute

Hal itu dilakukan selama pemerintah daerah setempat belum menetapkan tarif penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan umum tersebut.

Hanya saja kata dia, sampah sebagai pengganti ongkos BRT Trans Baturaja ini harus produktif atau dapat didaur ulang kembali agar memiliki nilai ekonomi yang nantinya akan diangkut oleh petugas kebersihan wilayah setempat.

Cara ini juga sebagai upaya untuk menanggulangi sampah agar Kota Baturaja bersih dan sehat

"Volume sampahnya tidak ditentukan, namun wajib dibawa oleh penumpang yang nantinya akan dikumpulkan oleh kondektur bus," jelasnya.

Kuryana mengatakan, pihaknya segera memproses penetapan tarif BRT Trans Baturaja yang akan diatur dalam peraturan bupati (perbup) sebagai dasar hukum untuk disahkan agar masyarakat mendapat kepastian terkait besaran ongkos angkutan umum tersebut.

"Saat ini sedang dievaluasi dulu. Dua atau tiga bulan lagi baru diproses perbup untuk penetapan tarifnya. Sementara ongkos BRT digratiskan," ungkapnya.

Baca juga: Tarif BRT Trans Jateng Koridor Terminal Bawen-Stasiun Tawang Naik Mulai 1 April

Kepala Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu Aminelson secara terpisah menambahkan, sejak mulai beroperas pada 15 April 2019, BRT Trans Baturaja ini masih digratiskan selama pemerintah belum menetapkan tarifnya untuk melayani masyarakat di wilayah setempat.

Dia mengemukakan, lima unit BRT Trans Baturaja bantuan dari Kementerian Perhubungan RI tersebut melayani beberapa trayek yaitu Baturaja-Kecamatan Ulu Ogan, Baturaja-Lubuk Batang dan Peninjauan serta Baturaja-Sosoh Buay Rayap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com