Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara di 3 TPS di Pamekasan Tertukar Antar Dapil

Kompas.com - 17/04/2019, 12:49 WIB
Taufiqurrahman,
Rachmawati

Tim Redaksi

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Lancar, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, tidak bisa menyelenggarakan pemungutan suara tepat waktu karena surat suaranya tertukar dengan daerah pemilihan lain.

Bahkan, TPS 4 Dusun Tolasan, Desa Lancar tidak bisa menyelenggarakan pemungutan suara sama sekali sampai pukul 11.45 WIB karena surat suara yang berjumlah 204 semuanya tertukar. Di TPS 6 Dusun Lancar Daja ada 158 surat suara yang tertukar, sedangkan TPS 5 Dusun Sumber ad 49 surat suara yang tertukar.

Baca juga: Ditemukan 9 Surat Suara Tercoblos di Gowa, Pemilihan di TPS Ini Ditunda

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 5, Agussalim mengatakan petugas baru tahu jika surat suaranya tertukar saat surat suara mau ditandatangani sebelum diserahkan ke pemilih. Setelah dicek, tertulis surat suara Dapil 3 Kabupaten Pamekasan, padahal wilayahnya masuk Dapil 5.

"Di luar surat suara tertulis Dapil 3. Isinya di dalam juga daftar Caleg Dapil 3," ujar Agussalim, Rabu (17/4/2019).

Akibatnya, warga yang mau melakukan pemungutan suara, terpaksa harus menunggu. Bahkan sebagian warga ada yang memilih pulang.

Baca juga: 744 TPS di Kota Jayapura Ikut Pemilu Susulan, Ini Penyebabnya

Sementara di TPS 6, banyak warga kecewa karena tidak bisa melakukan pemungutan suara. Padahal ada yang sudah terlanjur melakukan pemungutan suara. Terpaksa pencoblosan surat suara tidak dilanjutkan.

"Saya cari yang DPRD Pamekasan pilihan saya dan tidak ada. Saya enggan melanjutkan untuk pencoblosan yang lain," ujar Ahmad Zakiyuddin, salah satu warga yang menyoblos di TPS 6

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com