Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan 9 Surat Suara Tercoblos di Gowa, Pemilihan di TPS Ini Ditunda

Kompas.com - 17/04/2019, 12:24 WIB
Abdul Haq ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GOWA, KOMPAS.com - Proses pencoblosan salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan terpaksa dihentikan untuk sementara.

Hal ini dilakukan lantaran sejumlah pemilih protes lantaran kertas surat suara yang akan dicoblosnya telah tercoblos duluan, Rabu, (17/4/2019).

Penghentian ini terjadi di TPS 42 Berlian Indah, Kompleks Berlian Indah, Desa Jenetalasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

TPS ini kemudian mendadak didatangi petugas baik dari KPU, Bawaslu mau pun aparat kepolisian.

Baca juga: Surat Suara Tambahan untuk Ratusan Napi di Nusakambangan Dikirim Siang

 

"Tadi ada laporan bahwa ada sura suara yang tercoblos jadi kami hentikan untuk sementara" kata Ruslan, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kecamatan Pallangga.

Pihak penyelenggara Pemilu kemudian memutuskan untuk memeriksa seluruh kertas suara dan hasilnya ditemukan sebanyak sembilan kertas suara Pilpres bernomor urut 1 Joko Widodo - Ma'ruf Amin tercoblos duluan.

"Kami telah periksa seluruh kertas suara dan ada sembilan kertas suara tercoblos duluan yakni kertas Pilpres nomor urut 01," kata Ruslan.

Meski demikian proses pemilihan kembali dilanjutkan dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. Sembilan surat yang tercoblos duluan dinyatakan rusak.

Baca juga: Kehabisan Surat Suara, Bekas Bupati Lampung Selatan Ngamuk di Lapas Rajabasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com