Tim SAR Hentikan Pencarian Korban Hanyutnya Longboat di Manokwari

Kompas.com - 02/04/2019, 19:24 WIB
Tim SAR gabungan yang menyusuri lokasi perahu longboat berpenumpang 2 orang yang hilang kontak di perairan Manokwari Selatan. Dok. Tim SARTim SAR gabungan yang menyusuri lokasi perahu longboat berpenumpang 2 orang yang hilang kontak di perairan Manokwari Selatan.

MANOKWARI.KOMPAS.com- Memasuki hari ketujuh, operasi pencarian terhadap korban kecelakaan perahu longboat rute Numfor Biak-Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan diusulkan ditutup sementara.

Korban Edi Rumbarar (14) ditemukan dengan selamat, dan masih dalam penanganan pihak Polres Kabupaten Waropen, Papua bersama Kepala Basarnas Biak.

“Satu korban, Abner Ivandi (40) masih dinyatakan hilang,” kata Kepala Basarnas Manokwari, George L Mercy Randang, Selasa (2/4/2019) sore.

Baca juga: Hanya Bocah 14 Tahun yang Selamat Setelah Longboat yang Hanyut 8 Hari Ditemukan

George mengatakan, jika nantinya ada tanda-tanda ditemukannya korban, pencarian akan dilanjutkan kembali.

Selama 7 hari, tim SAR gabungan melakukan penyisiran di darat maupun permukaan laut.

“Tim Rescue Pos SAR Serui juga telah tiba di Waropen untuk mengevakuasi korban Edi Rumbarar. Namun setelah berkoordinasi dengan Polres setempat, korban belum bisa dibawa karena masih dilakukan penyelidikan,” tukas George.

Sebelumnya, longboat berpenumpang 2 orang hilang kontak di Perairan Oransbari.

Longboat bermesin 15 PK, yang hilang itu awalnya berlayar dari Pulau Numfor-Biak menuju Oransbari, Kabupaten Mansel, Senin (25/3/2019) lalu.

Baca juga: Longboat Berpenumpang 2 Orang Hilang Kontak di Manokwari Selatan

Berdasarkan pengakuan Edi kepada Kasat Reskrin Waropen Iptu Alex N Oraile, perahu tersebut kehabisan BBM, dan sempat terombang-ambing selama lima hari di lautan.

Pada hari kelima, korban Abner Invandi, meninggal karena kelaparan dan haus. Pada hari ketujuhnya, karena kondisi Jenazah sudah membengkak, terpaksa jenazahnya dibuang ke laut antara Biak dan Pulau Yapen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X