Gubernur Maluku Terpilih Tolak Permintaan Pendukungnya untuk Tak Lagi Kampanyekan Jokowi

Kompas.com - 26/03/2019, 09:51 WIB
Calon gubernur Maluku, Murad Ismail bersama istrinya saat mencoblos di TPS kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, Rabu (27/6/2018)Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty Calon gubernur Maluku, Murad Ismail bersama istrinya saat mencoblos di TPS kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, Rabu (27/6/2018)

AMBON, KOMPAS.com — Hingga saat ini, Gubernur Maluku terpilih Murad Ismail belum juga dilantik oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Murad bersama pasangannya Wakil Gubernur Maluku terpilih Barnabas Orno sebelumnya telah bersiap untuk dilantik oleh Presiden pada 11 Maret 2019.

Keduanya bahkan telah berada di Jakarta untuk menghadiri acara pelantikan yang direncanakan akan dilakukan oleh Jokowi. Namun, ternyata keduanya batal dilantik saat itu.

Baca juga: Bendera Partainya Hadir di Kampanye Prabowo, Golkar Bilang Itu Palsu


Murad mengatakan, pasca-penundaan tersebut, banyak dari pendukungnya yang meminta agar dirinya tidak lagi berkampanye untuk memenangkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 di Maluku.

“Mereka (pendukung) kemarin bertanya kenapa saya tidak dilantik. 'Kita mau berbalik saja.' Saya jawab tidak ada itu berbalik, Jokowi harus kembali terpilih,” ujarnya kepada sejumlah wartawan di Ambon, Senin (25/3/2019).

Baca juga: Identitas 5 Pegawai Bank yang Tewas Terbakar dalam Kecelakaan Maut, Salah Satunya Pimpinan BNI

Terkait penundaan pelantikan, Murad mengatakan pelantikannya sebagai Gubernur Maluku hanya tinggal menunggu waktu. Dia menilai pelantikan itu hanya persoalan serimoni karena sesuai undang-undang dia akan tetap dilantik.

“Pokoknya untuk pelantikan itu masalah serimoni saja dan saya pasti dilantik, itu aturan undang-undang, itu amanat undang-undang,” kata Murad. 

Baca juga: Gubernur Maluku Murad Ismail Berjanji Turun Gunung untuk Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Murad menambahkan saat Pilkada 2018, dia mampu keluar sebagai pemenang dengan meraih suara mayoritas, yakni lebih dari 40 persen, mengalahkan dua pesaingnya.

Menurutnya sampai saat ini para pendukungnya masih setia bersamanya dan telah siap untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Maluku. Murad mengatakan bahwa selama ini dia telah bekerja di masyarakat untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

“Yang jelas saya punya relawan dan akan digerakkan semuanya. Saya kan kemarin menang 40 persen lebih itu semua saya punya dan saya pastikan mereka akan dengan saya,” ujarnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X