Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-banjir Bandang, Freeport Kirim Tim Darurat ke Sentani

Kompas.com - 18/03/2019, 10:08 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TIMIKA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) mengirimkan tim emergency preparedness and respond (EPR) ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, untuk membantu penanggulangan pasca-banjir bandang yang melanda wilayah tersebut.

Tim yang terdiri 5 orang ini bertolak dari Bandara Mozes Kilangin Timika, menuju Sentani menggunakan pesawat Garuda, pada Senin (18/3/2019) pagi. Sementara, 2 orang tim medis diberangkatkan dari Jakarta.

Baca juga: Bertambah Lagi, Korban Tewas Banjir Bandang Sentani Jayapura Jadi 70 Orang

 

Bantuan ini merupakan bagian dari kepedulian PTFI untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan di masyarakat, khususnya di Papua.

“Kami mendahulukan bantuan untuk proses evakuasi di lapangan pada saat ini, bantuan lain akan dikirimkan menyusul. Bantuan PTFI saat ini masih dalam bentuk pengiriman tim kemanusiaan, yang terpenting kita dahulukan tim EPR PTFI tiba lebih dulu di lokasi untuk membantu proses evakuasi dilapangan," kata juru bicara PTFI Riza Pratama, dalam keterangan tertulisnya, Senin pagi. 

Tim ini nantinya akan bergabung dengan tim lainnya di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tim ERP yang dikirim Freeport ini memiliki spesialisasi dalam hal rescue dan paramedis, dan sebagian dari mereka pernah bergabung dengan tim kemanusiaan dalam bencana di Yogyakarta, Lombok, Palu, dan proses evakuasi pesawat di Oxibil beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pantai Baron Yogyakarta Diterjang Banjir, Alirannya Deras seperti Air Terjun

Peralatan yang dibawa oleh tim berupa peralatan penyelamatan evakuasi di air serta beberapa peralatan penunjang lainnya.

Tim ini akan berada di lokasi bencana hingga batas waktu yang belum ditentukan, atau sesuai dengan kebutuhan yang dikoordinir oleh BNPB di Sentani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com