Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aiptu Sujadi, Polisi Penolong Korban Banjir Diusulkan Naik Pangkat

Kompas.com - 12/03/2019, 06:02 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Aiptu Sujadi, anggota Satlantas Polres Kediri, Jawa Timur, yang menolong satu keluarga korban banjir di dekat jalan tol Ngawi-Kertosono, diusulkan mendapat kenaikan pangkat.

"Sementara masih diusulkan ke Mabes melalui Polda," ujar Ipda Aris, Perwira Urusan Humas Polres Kediri, saat dihubungi Senin (11/3/2019) malam.

Usulan kenaikan pangkat itu, lanjut Aris, rencananya melalui mekanisme bebas tes untuk mengikuti sekolah alih golongan. Untuk bisa mengakses kemudahan itu, menurutnya, merupakan kebijakan mabes.

Baca juga: Aiptu Sujadi: Saat Itu Kaca Mobil Saya Buka, Saya Mendengar Jelas Ada yang Meminta Tolong...

Sehingga, selepas menyelesaikan sekolah alih golongan tersebut, nantinya Aiptu Sujadi akan menyandang pangkat Ipda.

"Kami masih menunggu jawaban dari Mabes," ujar Aris.

Selain itu, masih kata Aris, Aiptu Sujadi juga telah mendapatkan apresiasi atas prestasinya itu dari atasannya di Polres Kediri. Bahkan, penghargaan juga diberikan dari tingkat polda berupa piagam dan cinderamata.

Piagam tersebut bagi anggota Polri, kata Aris, mempunyai makna yang cukup penting dan khusus, bahkan bagian dari kebanggaan. Sebab, itu merupakan penghargaan dari pimpinan atas dedikasi dan pencapaian yang dilakukan oleh seorang anggota polri.

"Bagian dari kebanggaan khusus," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, video berisi aksi pengendara mobil menghentikan laju kendaraannya di jalan tol untuk menolong satu keluarga yang terjebak banjir di sisi jalan tol Ngawi-Kertosono, Jawa Timur, cukup viral.

Pada video yang diunggah oleh akun Facebook bernama Nanda Sapto Wati pada Kamis (7/3/2019) sekitar pukul 16.19 Wib itu tergambar dramatis bagaimana pertolongan terhadap 2 orang dewasa dan 2 anak-anak yang terjebak banjir setinggi leher orang dewasa itu.

Masih dalam video itu, nampak ada beberapa orang yang terlibat dalam aksi kemanusiaan itu. Dua diantaranya kemudian dikenali sebagai Sujadi dan Nayotama (17), yang merupakan suami dan anak dari Nanda Sapto Wati, pengunggah video tersebut.

Baca juga: Kapolda Jatim: Aksi Aiptu Sujadi Selamatkan 2 Anak Terjebak Banjir di Tol Bukan Pencitraan

Sujadi sendiri merupakan seorang anggota Satlantas Polres Kediri yang berdinas di Samsat. Peristiwa dalam video itu terjadi saat rombongan keluarga Sujadi melintas di jalur tol Ngawi-Kertosono atau sekitar wilayah Desa Klesikan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi.

Sujadi pada kesempatan sebelumnya mengaku tergerak hatinya untuk menolong karena menurutnya itu adalah tugas dan tanggung jawab sesama manusia.

Dia meyakini bahwa siapapun juga jika berada dalam situasi tersebut akan melakukan hal yang sama.

"Niatan saya hanya ingin menolong. Apalagi ada anak-anak, kan, kasihan." ujar dia, saat dihubungi, Sabtu (9/3/2019). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com