Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantik Bupati dan Wabup Garut, Ini Janji Ridwan Kamil

Kompas.com - 24/01/2019, 00:18 WIB
Dendi Ramdhani,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara resmi melantik Rudy Gunawan dan Helmi Budiman sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Garut periode 2019-2024 di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (23/1/2019).

Usai pelantikan, pria yang akrab disapa Emil itu berkomitmen untuk membawa perubahan untuk warga Garut. Salah satunya, soal rencana pemekaran wilayah.

"Garut sendiri yang diusulkan untuk pemekaran wilayah, itu juga sedang diupayakan. Masalah stunting akan jadi perhatian," kata Emil.

Rencana pemekaran wilayah itu juga turut ditunjang dengan potensi priwisata di Garut yang cukup komplit. Akhir pekan lalu, Emil pun sempat mencoba perjalanan kereta api menuju Garut sambil mendampingi kegiatan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: KPK Lelang Dua Aset Milik Mantan Bupati Garut Agus Supriadi

"Dan tentunya kalau lihat potensinya dari semua kabupaten salah satu yang paling lengkap potensi pariwisatanya adalah Garut dari gunung sampai pantai, lembah, semua ada. Dan kami lihat sendiri waktu naik kereta api kemarin dengan Pak Presiden banyak melewati lembah yang mungkin belum ada fotonya tapi indah sekali," tuturnya.

Ia juga berkomitmen untuk merealisasikan rencana pembangunan tol Cileunyi-Garut-Tasik yang kini telah diubah rutenya menjadi Bandung-Banjar. Kehadiran tol itu akan mempercepat arus lalu lintas barang dan orang.

"Saya yakin dalam lima tahun akan meningkat pesat apalagi rencana pemerintah pusat akan memulai tol Cigatas yang sebetulnya sedang kita bahas sampai Banjar. Sehingga kalau itu jadi, produksi persayuran, komoditas yang selama ini terlalu lama di perjalanan, itu akan lebih cepat sehingga meningkatkan ekonomi pertanian dan rakyat," ungkap Emil.

"Disamping non ekonomi barang dan komoditas tentunya akan memperlancar (lalu lintas) yang tadinya lumayan lama bisa lebih cepat. Dalam setengah jam bisa sampai Garut, satu jam sampai Tasik dan seterusnya. Inilah progres yang kelihatannya akan hadir di Garut dalam lima tahun ke depan," jelasnya. 

Kompas TV Hujan deras yang mengguyur wilayah Garut membuat Sungai Cimanuk meluap dan merendam pemukiman warga di Kampung Cimacan, Kecamatan Haur Panggung, Garut, Jawa Barat.<br /> <br /> Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sebagian warga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi adanya banjir susulan.<br /> <br /> Selain itu, sejumlah petugasdariTNI, polri,dan Badan Penanggulangan Bencana tetap bersiaga di lokasi banjir.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com