Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Kunjungan Jokowi di Garut, Cukur Rambut Massal hingga Tinjau Proyek KA Cibatu-Garut

Kompas.com - 21/01/2019, 15:28 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat melakukan kunjungan kerja di Garut, Jawa Barat, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk pangkas rambut bersama puluhan warga di Situ Bagendit, Desa Bagendit, Sabtu (19/1/2019).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyempatkan berkunjung ke proyek reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. Jalur KA yang sempat mangkrak tersebut direncanakan dapat digunakan kembali akhir tahun ini.

Inilah fakta lengkap kunjungan Jokowi di Garut, Jawa Barat:

1. Kunjungi proyek reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut

Presiden Joko Widodo tiba di Stasiun Cibatu, Garut, Jumat (18/1/2019).KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo tiba di Stasiun Cibatu, Garut, Jumat (18/1/2019).

Presiden Jokowi meninjau langsung proyek reaktivasi jalur kereta api Stasiun Cibatu-Garut, pada hari Jumat (18/1/2019).

Presiden melihat-lihat papan di stasiun yang berisi penjelasan mengenai reaktivasi jalur. Jokowi juga mendapatkan penjelasan dari pihak PT KAI terkait jalur Cibatu ini diketahui sudah berhenti beroperasi sejak tahun 1983 lalu.

Jalur tersebut akan diaktifkan kembali dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Saat ini, reaktivasi memasuki tahap pembebasan lahan dan pembayaran ganti rugi kepada warga yang rumahnya digusur.

Baca Juga: Tiba di Garut, Jokowi Tinjau Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut

2. Jokowi kunjungi para petani di Garut

Presiden Joko Widodo mengawali hari kedua di Garut dengan blusukan ke sawah, Sabtu (19/1/2019) pagi.   Blusukan ini dalam rangka Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 yang digelar Kementerian Badan usaha Milik Negara.KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo mengawali hari kedua di Garut dengan blusukan ke sawah, Sabtu (19/1/2019) pagi. Blusukan ini dalam rangka Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 yang digelar Kementerian Badan usaha Milik Negara.

Pada hari kedua kunjungan kerja di Garut, Presiden Joko Widodo blusukan ke sawah. Blusukan ini dalam rangka Gerakan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019 yang digelar Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Jokowi tiba di lokasi acara di Desa Leuwigoong, Garut, sekitar pukul 08.05. Setelah itu, Jokowi langsung menuju sisi sawah untuk meninjau para petani yang tengah menanam padi.

Selama 5 menit, Jokowi menyempatkan melihat para petani bekerja. Setelah itu, Jokowi menyempatkan berdialog dengan para petani dan warga setempat. Saat itu. mantan Wali Kota Solo tersebut meminta petani memanfaatkan fasilitas pinjaman dari Bank BUMN untuk modal.

"Tapi kalau mau pinjam ke bank harus dihitung. Dan harus dipakai untuk modal, beli bibit, beli pupuk," kata dia.

Baca Juga: Jokowi: Charlie Chaplin Dulu Naik Kereta ke Garut

3. Jokowi ikut pangkas rambut massal

Presiden Joko Widodo dipangkas rambutnya oleh Herman, tukang cukur langganannya di acara cukur massal yang diadakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019). TRIBUN JABAR/FIRMAN WIJAKSANA Presiden Joko Widodo dipangkas rambutnya oleh Herman, tukang cukur langganannya di acara cukur massal yang diadakan di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).

Setelah berkunjung di Desa Leuwigoong, Presiden Joko Widodo mengikuti acara cukur massal di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).

Berdasar pantauan Kompas.com, Jokowi tiba di lokasi acara cukur massal di Situ Bagendit, Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, pukul 09.10 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com