Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Tiket Pesawat Ganggu Pariwisata Maluku, Banyak Turis Batalkan Kunjungan

Kompas.com - 22/01/2019, 20:34 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Kenaikan harga tiket pesawat sejumlah maskapai penerbangan tujuan Maluku dan sebaliknya telah ikut mempengaruhi dunia pariwisata di Maluku.

Ketua Association of Indonesian Tours dan Travel Agencies (ASITA) Maluku Faruk Baadilla mengatakan kenaikan harga tiket pesawat yang terlampau tinggi beberapa waktu lalu sangat mengganggu masyarakat khususnya pengembangan sektor pariwisata di daerah tersebut.

“Yang kita sayangkan itu kenaikan tiket pesawat ikut mengganggu pariwisata, banyak tamu yang mau datang ke Maluku membatalkan perjalanan karena tiket yang sangat mahal,” kata Faruk kepada wartawan di Ambon, Selasa (22//1/2019).

Baca juga: Sejak Harga Tiket Pesawat Naik, 233 Kali Penerbangan Dibatalkan di Bandara Pekanbaru

Dia mengungkapkan, mahalnya harga tiket pesawat untuk tujuan Ambon dan sebaliknya membuat banyak warga membatalkan kunjungannya dan memilih lokasi wisata lainnya di luar Maluku.

Meski tidak menyebutkan secara detail berapa jumlah wisatawan yang membatalkan rencana kunjungan ke Ambon, namun dia memastikan banyak yang batal ke Ambon karena harga tiket yang terlampau mahal

”Itu yang sangat kami sayangkan, banyak tamu memilih ke tempat lain padahal tujuan mereka sebelumnya itu ingin datang ke Maluku,” ungkapnya.

Dia mengatakan terkait maslaah itu, pihaknya langsung terbang ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan sejumlah manajemen maskapai penerbangan.

Hal itu terpaksa dilakukan kata Faruk karena harga tiket untuk wilayah Indonesia bagian timur termasuk Maluku tak kunjung turun.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Domestik Mahal, Ini Komentar Wapres Kalla

“Kita berkomunikasi dengan pihak Garuda dan maskapai lain, karena harga tiket untuk wilayah Indonesia timur selalu tinggi sedangkan wilayah lain sudah turun, dan setelah koordinasi itu harga tiket mulai turun,” paparnya.

Dia bersyukur karena saat ini harga tiket tujuan Ambon sudah turun meski belum normal seperti biasa.

”Alhamdulillah harga tiket Jakarta Ambon sudah Rp 2 juta lebih, mudah-mudahan ke depan harus minimalkan dengan harga standar,” katanya.

Permintaan tinggi

Sementara itu Sales Manager Garuda Indonesia wilayah Ambon Norman Hadipratama mengaku kenaikan harga tiket pesawat beberapa waktu lalu kini telah turun hingga 60 persen.

Baca juga: 5 Fakta di Balik Mahalnya Tiket Pesawat Rute Aceh-Jakarta, Plt Gubernur Surati Presiden hingga Pembuatan Paspor Melonjak

Menurutnya kenaikan harga tiket yang sempat terjadi itu lebih disebabkan karena tingginya jumlah konsumen yang ingin menggunakan jasa penerbangan.

“Itu hukum ekonomi, tingginya permintaan otomatis harganya naik, tapi saat ini kan sudah turun dan penurunan itu karena banyak warga yang mengeluh jadi kita sesuaikan harganya, saya rasa penurunannya sudah sangat besar,” ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com