Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

600 Pelajar Berkompetisi Jadi Ilmuwan Muda dalam Gramedia Science Olympic 2019

Kompas.com - 19/01/2019, 23:46 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


CIREBON, KOMPAS.com – Sebanyak 600 pelajar tingkat sekolah dasar mengikuti kegiatan Gramedia Science Olympic 2019, yang diselenggarakan toko buku Gramedia Ciptomangunkusumo, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).

Mereka berasal dari sejumlah sekolah dasar negeri dan swasta di wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, hingga Brebes dan Tegal, Jawa Tengah. Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, panitia memberikan sejumlah media kit atau perangkat praktik kepada setiap kelompok.

Pantauan Kompas.com selama kegiatan berlangsung, satu kelompok masing-masing berisi tiga orang pelajar yang terbagi dalam dua kategori. Kategori A merupakan pelajar sekolah dasar yang duduk di bangku kelas tiga dan empat.

Sementara kategori B kelas lima dan enam. Mereka tampak sangat antusias mengikuti kompetisi.

Baca juga: Kompas Gramedia Usung Kampung Koran di Indonesia Philantrophy Festival

Mereka langsung membuka kotak dan plastik yang berisi seluruh alat yang akan digunakan dalam pengerjaan praktik science olympic. Masing-masing alat yang dimiliki kelompok di kategori A dan B berbeda-beda.

Ahmad Hijrah peserta dari Sekolah Dasar Negeri Galunggung, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, mengaku sangat antusias dan bersemangat.

Dia bersama dua orang rekannya mempraktikan pembuatan balon udara, yakni sebuah rangkaian balon yang dapat menggerakan piringan CD secara manual.

“Kegiatannya sangat seru. Saya sangat semangat karena dapat ilmu, pengalaman, dan banyak teman dari sekolah lain. Harapanya, kami dapat memenangi juara satu kompetisi ini,” kata siswa yang masih duduk di bangku kelas lima SD itu.

Tak hanya Ahmad Hidayat, sejumlah pelajar juga mempraktikan berbagai hal percobaan, antara lain membuat kendaraan tanpa bahan bakar, dan lain sebagainya.

Teknis pengerjaannya yakni, panitia Gramedia Cipto memberikan soal yang jawabannya harus langsung dipraktikan menggunakan alat-alat yang sudah disediakan.

Rani Aswandi, Komite Sekolah Dasar Unggulan Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengatakan, ini merupakan kali ketiga SD Unggulan berpartisipasi dalam kegiatan Gramedia Science Olympic Cipto Kota Cirebon.

Tahun ini, dirinya membawa sebanyak 10 kelompok atau sebanyak 30 orang pelajar dari kelas tiga hingga kelas enam.

“Program ini sangat bagus dipromosikan ke sekolah-sekolah. Pengembangan siswa, satu untuk pengalaman siswa merasa mentalnya diuji dari kelas 3, 4, 5 dan 6. Kemudian, pernah kita juga mengirimkan science olympic di Bandung, dan alhamdulillah beberapa kali mendapat peringkat juara,” kata Rani.

Baca juga: ICCN dan Gramedia Digital Nusantara Kerja Sama Bangun E-commerce

Rani yang juga mengantar anaknya dalam Gramedia Science Olymic 2019 menilai, para pelajar mendapatkan banyak manfaat, pengetahuan, pengalaman, memacu kreaktivitas anak, untuk bisa lebih maju.

Para siswa mendapatkan pelajaran di luar pelajaran yang biasa diterima di sekolah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com