Berat Badan 300 Kilogram, Titin Hanya Bisa Terbaring di Rumahnya - Kompas.com

Berat Badan 300 Kilogram, Titin Hanya Bisa Terbaring di Rumahnya

Kompas.com - 08/01/2019, 20:48 WIB
Titin terbaring pasrah di rumah kontrakannya.KOMPAS.com/ HANDOUT Titin terbaring pasrah di rumah kontrakannya.

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Titi Wati yang sering dipanggil Titin (37), penderita obesitas dengan berat berkisar lebih dari 300 kilogram, pasrah dengan keadaan sekarang.

Titin sudah tidak bisa melakukan aktivitas apa pun, hanya bisa terbaring di rumah kontrakannya di Jalan George Obos XXV, Gang Bima, Kota Palangkaraya.

Menurut Titin, kondisi terberat yang dialaminya berawal pada tahun 2013. Sejak berusia 31 tahun, ia sudah tidak bisa beraktivitas apa pun karena berat tubuhnya. Bahkan mandi dan makan pun dilakukan di tempat yang sama yang telah dibuat khusus oleh suaminya. Semua kebutuhan Titin dibantu oleh anak tunggalnya.

"Pola makan saya biasa saja, menurut saya tidak ada yang berlebihan, hanya saja saya tidak bisa minum tanpa air es, lalu saya juga paling suka makan gorengan," kata Titin saat diwawancarai Kompas.com di rumahnya, Selasa (8/1/2019).


Baca juga: Jalani Diet, Bocah Obesitas 192 Kg Kini Sudah Bisa Bermain Bulu Tangkis

Sebelumnya, berat badan Titin mencapai 176 kilogram. Bobotnya terus naik setiap bulan hingga 300 kilogram. Titit pernah berusaha untuk membatasi kenaikan berat badan, namun gagal.

"Sempat saya konsumsi obat herbal, untuk menurunkan berat badan saya, tapi hal tersebut tidak berlangsung lama lantaran keterbatasan anggaran, terpaksa saya hentikan obat herbalnya, saya pasrah saja," ujarnya.

Kini, kondisi Titin semakin mengkhawatirkan. Tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan. Setiap hari ia hanya bisa terbaring.

Baca juga: Pasien Obesitas 310 Kg Meninggal, Wakil Bupati Karawang Minta Maaf

Titin sangat membutuhkan uluran tangan untuk menjalani proses pemulihan berat badan, walau pihak pemerintah baik provinsi maupun Kota Palangkaraya sudah mulai menyusun rencana untuk proses pemulihan berat badannya.



Close Ads X