Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keinginan Terakhir Pasien Obesitas 310 Kg di Karawang

Kompas.com - 11/12/2017, 16:45 WIB
Farida Farhan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - Ibunda pasien obesitas 310 kg, Siti Zaenah mengisahkan hari-hari terakhir putranya, Yudi Hermanto (33). Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, tatapan Yudi terlihat kosong.

Ditemui di rumahnya, Kampung Pancasila, Desa Sirnabaya,  Kecamatan Telukjambe Timur,  Karawang,  Jawa Barat, Siti tak melihat tanda-tanda khusus Yudi akan berpulang.

Hanya saja, Yudi kerap memandang lekat dirinya. Ketika ia membalas pandangan, sang putra memalingkan pandangannya ke arah lain. 

"Pandangannya seperti kosong. Tetapi tidak ada kata-kata atau tanda-tanda khusus," ucapnya.

(Baca juga : Pasien Obesitas 310 Kg Meninggal, Wakil Bupati Karawang Minta Maaf)

Namun, Yudi sempat mengutarakan keinginannya mempunyai hp android. Keinginan tersebut belum bisa dikabulkan hingga akhir hayatnya karena uang yang dikumpulkannya belum cukup untuk membeli android.

"Saya meminta Yudi menunggu karena uangnya belum cukup," tuturnya. 

Ia menceritakan, Sabtu (9/12/2017) malam, Yudi tidak bisa tidur. Suhu tubuhnya tinggi,  batuk, dan terkadang sesak napas. "Saya balurin (mengoles) dia pakai minyak," katanya.

Minggu (11/12/2017) pukul 03.30 WIB Yudi pun sempat mengutarakan ingin buang air besar. Namun karena malam dan  perawat baru istirahat,  Siti meminta untuk menunggu sebentar.

Karena sudah tidak tahan kepanasan, Yudi memutuskan pergi ke kamar mandi dan masih bisa berjalan seperti biasa. "Saat ke kamar mandi dia pegang infus dan saya pegang tempat air kencing,"  katanya.

(Baca juga : Sesak Napas dan Kejang, Pasien Obesitas 310 Kg Meninggal)

Setelah seprai diganti dan Yudi selesai dari kamar mandi, ia kembali berbaring dan sempat meminum segelas air putih. Pukul 04.45 WIB, Siti pun menawarkan teh manis.

Belum sempat mengambir air panas, Yudi tersentak dalam satu tarikan, lalu menggeletak ke samping. Saat itu dokter spesialis sedang libur dan hanya ada dokter jaga.

"Saya langsung memanggil suster. Akan tetapi, ketika perawat datang Yudi sudah tidak bernyawa," katanya.

Yudi dikebumikan di TPU Sapta Marga, Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur,  Karawang, pada Minggu (11/12/2017) sekitar pukul 11.30 WIB.

Siti perharap, Pemerintah Kabupaten Karawang belajar dari apa yang menimpa putranya,  untuk lebih memerhatikan  pasien obesitas. 

Kompas TV Olahraga dan makan sehat sudah diimplementasikan di lingkungan Dinkes DKI Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com