Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Dompu, NTB

Kompas.com - 02/01/2019, 23:59 WIB
Karnia Septia,
Khairina

Tim Redaksi


MATARAM, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (2/1/2019) sekitar pukul 22.26 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 4,8.

Pusat gempa terletak pada koordinat 9,57 LS dan 118,02 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 124 km arah barat daya Kota Dompu, Kabupaten Dompu, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Uji Coba Nuklir Terkuat Korut pada 2017 Picu Gempa hingga Kini

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto dalam keterangan tertulis menyebutkan, gempa bumi selatan di Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar normal" terang Agus.

Guncangan gempa dirasakan di daerah Bima dalam skala intensitas III-IV MMI dan Sumbawa III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi. Gempa bumi tidak berpotensi tsunami

Hasil monitoring BMKG, hingga pukul 22:40 WITA, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kompas TV Bencana alam akhir-akhir ini sering terjadi di wilayah Indonesia, mulai dari gempa, tsunami, angin puting beliung, dan tanah longsor. Untuk membahas mengenai penyebab bencana longsor di Sukabumi, Jawa Barat serta sejumlah bencana yang terjadi di tanah air dalam beberapa waktu terakhir, KompasTV akan membahas bersamaahli Vulkanologi Indonesia, Surono.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com