Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Semalam, Sumatera Barat 2 Kali Diguncang Gempa

Kompas.com - 24/12/2018, 15:51 WIB
Rahmadhani,
Khairina

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com-Dalam semalam, wilayah Sumatera Barat dua kali diguncang gempa, Minggu (23/12/2018).

Pertama, pada pukul 20.55.40 WIB gempa berkekuatan 2,8 skala richter (SR) mengguncang wilayah Bukittinggi dan sekitarnya.

Gempa dengan kedalaman 10 kilometer ini dirasa cukup kuat, sehingga membuat sebagian masyarakat keluar rumah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang dalam media sosialnya menyebutkan, gempa ini berpusat di 0,35 Lintang Utara 100,51 Bujur Timur atau 15 Km Tenggara Bukittinggi.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,2 Terasa di Hampir Seluruh Pulau Lombok

Kedua, gempa berkekuatan 5,0 SR juga mengguncang Kabupaten Padang Pariaman Minggu (23/12/2018) pukul 21.03 malam.

Menurut BMKG, pusat gempa terjadi di 0,45 lintang selatan (LS) 99,68 bujur timur (BT) atau 42 kilometer barat daya Padang Pariaman dengan kedalaman 117 kilometer. Meskipun tidak berpotensi tsunami, gempa juga dirasakan oleh warga Padang.

Kepala BPBD Padang Pariaman Budi Mulya menyatakan, hingga Senin (24/12/2018) pihaknya belum mendapat laporan dari warga tentang adanya kerusakan.

"Semalam kami sudah berkeliling memantau kondisi masyarakat. Gempa memang dirasakan tapi tidak membuat masyarakat terlalu panik," ucap Budi Mulya, Senin (24/12/2018).

Kompas TV Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya menjelaskan kejadian tsunami kali ini memang berbeda. Jika biasanya sebelum tsunami ada tanda-tanda gempa namun kali ini tidak sehingga masyarakat tidak ada kesiapan untuk menghindar dari bencana. Kedua, proses evakuasi korban juga sudah dilakukan secara cepat oleh TNI, Polri, BNPB, Tim SAR, relawan, dan Pemda setempat, saat ini penanganan evakuasi masih terus dilakukan. Untuk bantuan, Presiden sudah memerintahkan Kemensos untuk mengatur bantuan dan memberikan santunan bagi warga meninggal dengan secepat mungkin.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com