Fakta di Balik Pengusutan Kosmetik Oplosan di Jatim, Pemeriksaan NK hingga Tarif Endorse

Kompas.com - 18/12/2018, 14:30 WIB
Penyanyi dangdut Nella Kharisma menghibur ratusan penonton dalam perayaan HUT Ke-55 SMKN 2 Malang di Lapangan SMKN 2, Kota Malang, pada 31 Januari 2018. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWOPenyanyi dangdut Nella Kharisma menghibur ratusan penonton dalam perayaan HUT Ke-55 SMKN 2 Malang di Lapangan SMKN 2, Kota Malang, pada 31 Januari 2018.

KOMPAS.com — NK memenuhi panggilan Polda Jawa Timur terkait dugaan endorse kosmetik oplosan yang tengah diselidiki polisi, Selasa (18/12/2018). Pelantun lagu "Jaran Goyang" itu menjadi artis pertama yang datang memenuhi panggilan polisi.

Selain NK, sejumlah artis papan atas juga direncanakan diperiksa polisi. Mereka adalah VV, NR, MP, NK, DJB, dan DK.

Sementara itu, berdasar penyelidikan sementara, tarif untuk menyewa sejumlah artis tersebut untuk endorse produk Rp 7 Juta hingga Rp 15 Juta per pekan.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu polisi membongkar pabrik kosmetik oplosan yang tidak mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). KIL, pemilik usaha, telah diamankan berikut dengan sejumlah barang bukti.

Inilah fakta baru kasus kosmetik oplosan di Jawa Timur:

1. Tarif menyewa artis untuk endorse kosmetik oplosan

Ilustrasi uang. Dok. HaloMoney.co.id Ilustrasi uang.

Polisi mengungkap tarif paling murah untuk menyewa artis dalam sepekan Rp 7 juta. Sementara tarif paling mahal Rp 15 juta dalam sepekan.

"Endorse artis sudah berlangsung dua tahun. Tinggal mengalikan saja berapa nilainya," terang Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan, Senin (17/12/2018).

Luki tidak menjelaskan detail berapa masing-masing tarif enam artis yang di-endorse pemilik usaha kosmetik oplosan asal Kediri, Jawa Timur, itu.

Baca Juga: Ini Tarif Endorse Artis dalam Kasus Kosmetik Oplosan

2. Baru tiga artis yang berjanji akan datang ke Polda Jatim

IlustrasiKOMPAS/DIDIE SW Ilustrasi

Dari sejumlah artis yang diduga disewa untuk endorse kosmetik oplosan dari Kediri, baru tiga artis yang menyatakan akan hadir. Salah satunya NK, yang telah datang pada Selasa (18/12/2018).

"Yang pasti keenam artis yang pernah di-endorse akan diperiksa," kata Irjen Luki, Senin (17/12/2018).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X