Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tumbang, Akses Utama Malang-Lumajang Lumpuh

Kompas.com - 14/11/2018, 18:19 WIB
Andi Hartik,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com - Akses utama Malang-Lumajang lumpuh akibat terhalang oleh pohon tumbang di Jalan Raya Dampit-Lumajang kilometer 59, Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu (14/11/2018).

Akibatnya, kendaraan yang datang dari masing-masing arah tidak bisa melanjutkan perjalannya.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, pohon itu tumbang Rabu dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Longsor Terjang SMKN 2 Bawang Saat Kegiatan Belajar Mengajar

Pada saat itu, hujan lebat melanda kawasan tersebut. Sementara itu, pohon yang tumbang cukup besar, yakni berdiamiter 2,5 meter dan menghalangi jalan.

"Menutup total akses jalan R2 (roda dua) dan R4 (roda empat) arah Pronojiwo Sumberwuluh yang merupakan jalur utama Lumajang-Malang via selatan," kata dia.

"BPBD Kabupaten Lumajang tiba dilokasi untuk melakukan penanganan dan berkoordinasi dengan aparat terkait beserta warga dan pengguna jalan," imbuh dia.

Baca juga: Di Jawa Barat, 83 Bencana Banjir dan Longsor Terjadi Selama November

Wawan mengimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati jika melintas di jalur tersebut. Sebab, jalur yang melintasi hutan Lereng Gunung Semeru itu rawan terjadi longsor.

"BPBD mengimbau agar pengendara R2 maupun R4 kalau melewati jalur selatan baik menuju Malang atau Lumajang harus meningkatkan kewaspadaan dikarenakan jalur tersebut antara kilometer 53 sampai kilometer 59 rawan longsor baik batu maupun tanah, juga rawan pohon tumbang," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com