Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalani Diet, Bobot Silvia Kini Berangsur Turun Menjadi 170,5 Kg

Kompas.com - 07/11/2018, 17:18 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com – Sejak mendapat pendampingan sekaligus perawatan dari tim medis, bobot Silvia Dwi Susanti (15), warga Desa Cangkring, Kecamatan Bluluk, Lamongan, yang sebelumnya sempat mencapai 179,3 kilogram mulai berangsur turun.

Penimbangan terakhir yang dilakukan oleh tim dokter pendamping mencatat bobot Silvia kini sudah "tinggal" 170,5 kilogram.

Tentu hal ini didapat setelah Silvia menjalani diet sekaligus beberapa program yang disarankan oleh dokter.

“Terakhir kami timbang itu Rabu (31/10/2018) lalu, sudah 170,5 kilogram, atau sudah turun hampir 9 kilogram,” ujar dr Fauziah NS dari Puskesmas Bluluk yang biasa mengontrol keadaan Silvia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/11/2018).

“Harusnya hari ini ditimbang lagi untuk mengetahui perkembangan bobotnya, tapi Silvia sejak kemarin sudah berangkat ke Jakarta, dapat undangan dari salah satu stasiun televisi,” lanjut dia.

Baca juga: 5 Fakta di Balik Postur Tubuh Silvia, Sempat Putus Sekolah hingga Hobi Ngemil

Ia lantas menerangkan, beberapa pola hidup sehat yang sudah dijalani oleh Silvia sehingga berat badannya berangsur mulai turun. Salah satunya, dengan cara mengubah pola makan Silvia sehari-hari.

“Kalau dulu Silvia biasa makan nasi dengan kerupuk atau lauk gorengan saja dan tidak pernah makan sayur, kini setiap kali makan harus dengan sayur. Awalnya dia nggak suka, tapi lama-kelamaan mulai terbiasa,” kata dia.

“Juga kalau dulu tidak pernah makan buah sama sekali, dengan setiap hari hanya ngemil kerupuk dan gorengan, sekarang kami sarankan makan buah atau minum jus buah tanpa gula. Dengan yang disukai itu jus apel,” sambungnya.

Selain mengontrol pola makan, Silvia juga disarankan oleh tim dokter untuk banyak minum air putih. Adapun untuk satu hari, Silvia disarankan minimal mengonsumsi delapan gelas air putih.

“Silvia juga kami haruskan melakukan olahraga rutin. Jadi setiap habis Subuh, dia biasa jalan kaki di sekitar tempat tinggalnya minimal selama setengah jam,” tutup Fauziah.

Baca juga: Dinkes Lamongan Bentuk Tim Khusus Tangani Obesitas Silvia

Sebelumnya Silvia memiliki bobot mencapai 179,3 kilogram. Semakin terlihat gemuk, lantaran hanya ditunjang oleh postur tubuh setinggi 145 centimeter. Ia pun memilih putus sekolah, karena malu dengan bobot yang dimiliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com